MEMPERMUDAH PENENTUAN REWARD KARYAWAN OJEK ONLINE DENGAN PENERAPAN TEORI FUZZY
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i1.6Keywords:
ojek online, fuzzy logic, reward, teori fuzzy, karyawanAbstract
Ojek online adalah penyedia tranportasi yang tidak menetap dalam suatu daerah, untuk memesannyapun jika ojek pangkalan kita harus menemukan lokasi tempat mangkal ojek pangkalan, ojek online cukup hanya memesan melalui internet dan aplikasi kemudian kita menunggu ojek online nya datang. Perusahaan ojek online juga mempunyai penilaian terhadap driver-driver nya, juga pelanggan bisa memberikan penilaian terhadap driver ojek online, yaitu dengan pemberian rating bintang, biasanya penilaian pelangan pada driver dilihat dari pelayanan dan kinerja sang driver, hal ini yang menjadi pertimbangan dari perusahaan ojek online itu sendiri untuk memberikan reward kepada driver ojek online. Metode penelitian ini menggunakan fuzzy logic dimana fuzzy logic adalah suatu cara untuk memetakan ruang input kedalam ruang output, dalam hal ini variabel input nya terdidri dari beberapa variabel yaitu diantaranya, variabel kinerja, variabel rating pelanggan, dua variabel ini memiliki semesta pembicaraannya masing-masing dimana dan dari variabel-variabel ini peneliti membuat himpunan fuzzynya, kemudian untuk variabel outputnya ialah pemberian reward kepada driver yang pantas sesuai dengan variabel-variabel input tadi. Tujuan penulisan ini ialah untuk mempermudah perusahaan ojek online untuk menentukan siapa yang pantas untuk menerima reward diantara driver-drivernya. Dan pada akhirnya perusahaan ojek online bisa menentukan siapa yang pantas menerima reward berdasarkan kinerja. Konsistensi, dan pelayanan ojek online pada pelanggannya.