EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS OPEN ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.81Keywords:
Berpikir Kreatif Matematis, Pembelajaran Open EndedAbstract
Tujuan penelitian adalah mengukur efektifitas pembelajaran open ended terhadap kemampuan kreatif matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kalisat kelas VIII. Hasil penelitian yang didapat nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. . Karena nilai signifikansi tersebut kurang dari , artinya H0 ditolak, Ha diterima, sehingga dapart disimpulkan bahwa hasil belajar berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol.
References
Aini, N. N., & Mukhlis, M. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari Adversity Quotient. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 105-128.
Anwar, N., Johar,R.,Juandia,D. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN: 2355-4185, 2 (1):52-63.
As’ari, A.R,. 2016. “Menjawab Tantangan Pengembangan 4c’s Melalui Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika-Universitas Negeri Malang. ISBN: 978 – 602 – 1150 – 19 – 1, Hal 1-7
Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika. 7 (2): 1-11
Emilya, D., Darmawijoyo, D., & Ilma, R. (2010). Pengembangan Soal-Soal Open-Ended Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama Negeri 1O Palembang. Jurnal pendidikan matematika, 4(2).Fatah, A., Suryadi, D., Sabandar, J., dan
Nazareth, E., Romlah, S., Safitri, J., Yuliati, N., Sarimanah, E., Monalisa, L. A., & Harisantoso, J. (2019, March). The students’ creative thinking ability in accomplishing collaborative learning-based open-ended questions. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 243, No. 1, p. 012145). IOP Publishing.
Febriyanti U A., Hobri, dan setiawani S. 2016. Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Open- Ended Pada Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi. Jurnal Edukasi Unej. III (2): 5-8.
Kusumastutik, E. 2012. Penerapan Model Kolaboratif dengan Media Sederhana Pada Pembelajaran Fisika di SMP. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Jember.
Mihajlovic & Dejic. 2015. “Using Open-Ended Problems And Problem Posing Activities In Elementary Mathematics Classroom”. The 9th International MCG Conference. Sinaia, Romania.34-39.
Mukhlis, M., Dafik, D., & Hobri, H. (2018). Student critical thinking in solving two dimensional armetics problems based on 21th century skills. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS),Vol-5, Issue-4, Apr-2018
Mukhlis, M. 2017. Profile of the student’s creative thinking ability in solve the pattern of arithmetic generalization based on 21st century skills. THE FKIP E-PROCEEDING
Mukhlis, M., & Tohir, M. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Mathematics and Natural Science Education, 1(1), 65-73.
Mursidik, E.M.,Samsiyah, N., Rudiyanto, H.E. 2016. “Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended ditinjau dari Tingkat Kemampuan Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar”. Journal Pedagogia. ISSN 2089 -3833, 7 (1): 23-33.
Saragih, L. M., Tanjung, D. S., & Anzelina, D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Basicedu, 5(4), 2644-2652.
Sari, I.P., Yunarti T . 2015. Open-ended Problems untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny 2015, ISBN: 978-602-73403-0-5 : 315-320.
Siswono Tatag Y.E. 2011. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah (JUCAMA) Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa, Prosiding Semnastika “Membangun Insan Kritis dan Kreatif”, ISBN: 978-979-028-417-3 Hal. 14-32 Unesa.
Sunardi, A.R,. 2016. “Strategi Penguatan Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika-Universitas Negeri Malang. ISBN: 978 – 602 – 1150 – 19 – 1, Hal 8-19.
Tohir, M., Maswar, M., Mukhlis, M., Sardjono, W., & Selviyanti, E. (2021, March). Prospective teacher’s expectation of students’ critical thinking process in solving mathematical problems based on Facione stages. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1832, No. 1, p. 012043). IOP Publishing.
Turmudi. 2016. Open-ended approach: an effort in cultivating students’ mathematical creative thinking ability and self-esteem in mathematics. Journal on Mathematics Education, 7 (1): 9-18.
Widodo, Urip. 2013. Penerapan Metode Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Sketsa di SMK Negeri 2 Klaten. (online), (http:// eprints.uny.ac.id/10637/, diakses tanggal 19 februari 2018).
Wijaya, E.Y., Sudjimat, D. A., Nyoto , A. 2016. Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 -Universitas Kanjuruhan Malang. ISSN 2528-259X Volume 1: 263-278
Wulandari, N., Mashuri., 2014. Keefektifan Pembelajaran Circ Dengan Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas-VIII Materi Kubus-Balok.. Unnes Journal of Mathematics Education. ISSN 2252-6927, 3(3):231-240.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Eviyanti Nazareth, mohammad mukhlis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.