Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII

Authors

  • Siti Habibatul Masruroh IAIN Jember
  • Novi Iffatul Azizah IAIN Jember
  • Okta Ridha Kamila IAIN Jember
  • Anas Ma'ruf Annizar IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.66

Keywords:

Garis Singgung Lingkaran, Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja siswa menggunakan pendekatan saintifik pada materi garis singgung lingkaran kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Thiagarajan yang biasanya dikenal dengan model 4D yaitu meliputi: (1) pendefinisian (define). (2) perancangan (design). (3) pengembangan (develop). (4) penyebaran (disseminate) . Tetapi oleh peneliti di modifikasi menjadi 3D yaitu belum melakukan langkah penyebaran (disseminate) sebab keterbatasannya waktu. Dari penelitian ini skor hasil tes belajar siswa diperoleh 4 atau 80% siswa dinyatakan tidak tuntas dan 2 atau 20% siswa dinyatakan tuntas secara individual, adanya siswa yang masih dibawah KKM dimungkinkan pada waktu pembelajaran siswa masih belum mendalami pokok bahasan serta belum mengerti karena siswa tersebut tidak
fokus.

Kata Kunci: Lembar Kerja Siswa, Pendekatan Saintifik, Garis Singgung Lingkaran

In this study, it is used to explain in developing Student Activity Sheets (LKS) using a scientific approach to the material of tangents to circles. Researchers expect the making of worksheets with a scientific approach to make teaching and learning activities more useful and students are active when teaching and learning takes place using the methods provided in student worksheets so that students can be helped when establishing concepts of understanding and learning methods. This research is known as the 4D model. The research method in scientific-based learning uses worksheets, namely the Thiagarajan development model, usually known as the 4D development model, which is a study that applies four groups, namely (1) Definition. (2) design (design). (3) development (develop). (4) dissemination (disseminated). However, the researchers modified it into 3D, which means that they have not carried out the dissemination step (disseminate) because of time constraints. From this study, the student learning test scores obtained 4 students or 80% of students were declared incomplete and 2 students or 20% of students were declared complete individually, the presence of students who are still below the KKM is possible at the time of learning a student still has not explored the subject and has not understand because the student is not focused.   .

References

Books:

Dadek Arywiantari, A. A. Gede Agung, I Dewa Kode Tastra (2016), Pengembangan Multimedia Interaktif Model 4D Pada Pembelajaran IPA di SMP Negeri 3 Semarang, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

I Komang Suparsawan,S.Pd. (2020). Pendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran STAD.Hal 15.

Muhammad Fachri Baharuddin Paloloang (Tanpa tahun), Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Panjang Garis Singgung Dua Lingkaran Dikelas Viii Smp Negeri 19 Palu.

Sowanto, Bahan Ajar Pada Materi Garis Singgung Lingkaran Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Siswa SMP, Sekolah Tinggi Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima Ishaq Madeamin, Model Pengembangan Four-D.

Online journal:

Annizar, A. M. (2021, March). The effects of covid-19 in learning: effective and efficient online learning models of mathematical statistics and real analysis from the students’ perspective. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1836, No. 1, p. 012048). IOP Publishing.

Annizar, A. M. R., Lestari, A. C., Sofiah, S., Khairunnisa, G. F., & Maulyda, M. A. (2020). Proses Berpikir Inkuiri Dalam Menyelesaikan Masalah Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Dari Tingkat Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1192-1204.

Annizar, A. M. R., & Zahro, F. S. (2020). Proses Berpikir Metafora dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 117-130.

Annizar, A. M. R., & Arifin, M. (2021). Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Ditinjau dari Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3).

Annizar, A. M., Lestari, A. C., Dalimarta, S., & Wulandari, Y. N. (2021, March). The process of student analytical thinking in understanding and applying lattice method to solve mathematical problem. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1836, No. 1, p. 012047). IOP Publishing.

A. Machin. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penanaman Karakter Dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 3 (1) 28 – 35.

Dian Fitriana. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Melihat Berpikir Siswa Materi Perbandinga. Jurnal Pendidikan Matematika. 10 (2) 23 – 38.

Dwi Hidatanti. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Untuk Smp Kelas Viii. Jurnal Ilmiah Citra Bakti. 3 (1). 42 – 56.

Hasratuddin. (2013). Membangun karakter melalui pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2) 130 - 141.

Kawiyah, Siti. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Siswa. Pendidikan Matematika.10(2).

Magdalena, Maria, Zagoto Dan Oskah Dakhi. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Peminatan Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kela Ix Sekolah Menengah Atas. Jurnal Riview Pendidikan Dan Pengajaran.1(1).

Malalina, Pitriani, Dan Rika Firma Yenni. (2018). Active Knowledge Sharing Melalui LKS Berbasis Pendekatan Saintifik. Pendidikan Matematika.3(2).1-9.

Rusnilawati, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Bercirikan Active Knowledge Sharing dengan Pendekatan Saintifik Kelas VIII. Riset Pendidikan Matematika.3(2).

Widiani, Tresia, M. Rif’at, Dan Romal Ijuddin. (2016). Penerapan Pendekatan Saintifik dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Berpikir Kreatif Siswa. 5 (1).

Yustia,Via. (2015) .Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. 64(1).

Theses, Dissertation:

Ainur Rohma. (2016). Keefektifan LKS Berbasis pendekatan saintifik pada submateri fotosintesis dan respirasi untuk melatih keterampilan proses terintegrasi. Berkala ilmiah Pendidikan Biologi 3 (5) 2302 – 9528.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Masruroh, S. H., Azizah, N. I., Kamila, O. R., & Annizar, A. M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Materi Garis Singgung Lingkaran Kelas VIII. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 57–66. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.66