Bagaimana Proses Berpikir Matematis Siswa Pada Soal HOTS berdasarkan Kemampuan Computational Thinking?
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.239Keywords:
Computational Thinking, HOTS, Proses Berpikir MatematisAbstract
Hasil survei PISA tahun 2018 mengenai prestasi matematika menyatakan bahwa negara Indonesia ada di peringkat ke-7 dari bawah. Hal ini menunjukkan bahwa hasil survei mengenai kemampuan siswa Indonesia terhadap matematika masih rendah, yang artinya keterampilan berpikir matematis siswa Indonesia juga terbilang rendah. Keterampilan berpikir matematis siswa dapat dilatih dengan membiasakan siswa untuk menyelsaikan soal jenis HOTS. Selain itu, keterampilan berpikir matematis juga dapat ditingkatkan dengan membiasakan siswa untuk berpikir komputasi. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses berpikir matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS berdasarkan kemampuan computational thinking siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Teknik penentuan subjek menggunakan pusposive dengan mengambil 6 subjek penelitian siswa kelas XI MAN 2 Banyuwangi dimana untuk setiap kategori tinggi, sedang, dan rendah terdiri dari 2 subjek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan think aloud, tes, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan proses berpikir matematis siswa dengan kemampuan computational thinking tinggi memenuhi aspek I know, I want, introduce, try, maybe, why, check, dan refleksi. Kemudian siswa dengan tingkat kemampuan computational thinking sedang memenuhi aspek I know, I want, introduce, try, maybe, dan why. Sedangkan siswa dengan tingkat kemampuan computational thinking rendah memenuhi aspek I know dan I want.
References
Ahmad, S., R. C. I. Prahmana, A. K. Kenedi, Y. Helsa, Y. Arianil, M. Zainil. (2017). The instruments of higher order thinking skills. Journal of Physics: Conference Series.
Anderson dan Karthwohl. (2001). A taxonomy for learning teaching and assessing, Addison Wesley Longman: United States. ISBN 0-321-08405-5. halalaman 31.
Annizar, A. M., Sofiah, A. C. Lestari, S. Dalimarta, & Y. N. Wulandari. 2021. The process of student analytical thinking in understanding and applying lattice method to solve mathematical problem. Journal of Physics: Conference Series.
A M Annizar, Masrurotullaily, M H D Jakaria, M Mukhlis, & F Apriyono. 2020. Problem solving analysis of rational inequality based on IDEAL model. Journal of Physics: Conference Series.
A N Aini, M Mukhlis, A M Annizar, M H D Jakaria, & D D Septiadi. 2020. Creative thinking level of visual-spatial students on geometry HOTS problems. Journal of Physics: Conference Series
A C Lestari & A M Annizar. 2020. Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA ditinjau dari Kemampuan Berpikir Komputasi, Jurnal Kiprah 8 (1) 46-55
David Barr, John Harrison, and Leslie Conery. (2011). Computational Thinking: A Digital Age
J. Mason, L. Burton, & K. Stacey. (2010). Thinking Mathematically. Licensing Agency Ltd, Saffron House, 6–10 Kirby Street, London EC1N 8TS. ISBN: 978-0-273-72891-7
Kemendikbud. 2017. Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah
Layyina, U. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Berdasarkan Tipe Kepribadian pada Model 4K dengan Asesmen Proyek Bagi Siswa Kelas VII. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Lette, I., & Janet Trineke Manoy. (2019) Representasi Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau Dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Mukhlis, M., & M. Tohir. (2019). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia Jurnal of Mathematics And Natural Science Education. 1 (1).
Nedim T., Ibrahim K., Aysun I., & Alpay B. 2021. Analysis of the Mathematical Thinking Levels of Individual and Team Athletes in Terms of Different Variables. International Journal of Psychology and Educational Studies (IJPES). 8(2). 148-157
National Council of Teachers Mathematics. 2000. Principles and standards for school mathematics. ( https://www.nctm.org/ )
Schleicher, Andreas. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. OECD, 3–62
Sutiningsih, A., & Ana Istiani. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 10, Nomor 2
Thomas P Carpenter, Megan Loef Franke, & Linda Levi. (2003). Thinking Mathematically
Wardhani, W. A., Subanji, & Dwiyana. 2016. Proses Berpikir Siswa Berdasarkan Kerangka Kerja Mason. Jurnal Pendidikan. Volume 1, Nomor 3, halaman 297-313
Wing J. M. 2006. Viewpoint: Computational Thinking. Communication og the ACM. Volume 49, Number 3. Pages 33-35
W-Y Hwang, Nian-Shing Chen, Jian-Jie Dung, dan Yi-Lun Yang. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Education Technology dan Society. Vol 10. No 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Anas Ma'ruf Annizar, Auliana Wahyu Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.