KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

Authors

  • Ucik Fitri Handayani IAI AL-QOLAM MALANG

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.177

Keywords:

Bangun Datar, Kemampuan Geometri, Teori Van Hiele

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan geometri siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan Teori Van Hiele. Semua siswa kelas VII-A di SMPN 1 Jombang diberikan soal tes Level Van Hiele, soal kemampuan geometri dan wawancara. Hasil tes pada 19 siswa diperoleh hasil 53% siswa mencapai level 1 (visualisasi), 21% mencapai level 2 (analisis), dan 5% mencapai level 3 (deduksi informal). Tidak terdapat siswa yang dapat mencapai level 4 (deduksi formal) dan level 5 (rigor). Terdapat 21% siswa yang tidak mencapai semua level. Siswa level 1 dapat memenuhi 3 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual, verbal, dan mengambar, memenuhi 2 indikator pada soal kemampuan logika dan terapan. Siswa level 2 dapat memenuhi 2 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual, verbal, dan menggambar, tidak memenuhi satupun indikator kemampuan geometri. Terdapat salah satu siswa level 2 dapat memenuhi 1 indikator pada soal kemampuan terapan. Siswa level 3 dapat memenuhi 2 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual dan verbal dan memenuhi 3 indikator pada soal kemampuan menggambar. Pada soal kemampuan logika dan terapan tidak dapat memenuhi satupun indikator

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Handayani, U. F. . (2023). KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE . ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.177