KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.177Keywords:
Bangun Datar, Kemampuan Geometri, Teori Van HieleAbstract
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan geometri siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar berdasarkan Teori Van Hiele. Semua siswa kelas VII-A di SMPN 1 Jombang diberikan soal tes Level Van Hiele, soal kemampuan geometri dan wawancara. Hasil tes pada 19 siswa diperoleh hasil 53% siswa mencapai level 1 (visualisasi), 21% mencapai level 2 (analisis), dan 5% mencapai level 3 (deduksi informal). Tidak terdapat siswa yang dapat mencapai level 4 (deduksi formal) dan level 5 (rigor). Terdapat 21% siswa yang tidak mencapai semua level. Siswa level 1 dapat memenuhi 3 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual, verbal, dan mengambar, memenuhi 2 indikator pada soal kemampuan logika dan terapan. Siswa level 2 dapat memenuhi 2 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual, verbal, dan menggambar, tidak memenuhi satupun indikator kemampuan geometri. Terdapat salah satu siswa level 2 dapat memenuhi 1 indikator pada soal kemampuan terapan. Siswa level 3 dapat memenuhi 2 indikator kemampuan geometri pada soal kemampuan visual dan verbal dan memenuhi 3 indikator pada soal kemampuan menggambar. Pada soal kemampuan logika dan terapan tidak dapat memenuhi satupun indikator
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ucik Fitri Handayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.