Studi Komparatif Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jurusan

Authors

  • Nouri Alfin Nabilah IAIN Jember
  • Yunita Nury Wulandari IAIN Jember
  • Hilda Amalia Pangertika

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i2.9

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Jurusan, Perbandingan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar matematika siswa pada masing-masing jurusan. Tempat penelitian adalah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI pada semua jurusan di MAN 1 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan dataset statistic yang didapat dari hasil ulangan harian matematika kelas XI KD 3.3 tentang menjelaskan matriks dan kesamaan matriks dengan menggunakan masalah kontekstual dan melakukan operasi pada matriks yang meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian skalar, dan perkalian, serta transpose. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif inferensial dengan uji One-Way Anova. Hasil dari penelitian ini adalah diketahui adanya perbedaan hasil belajar matematika siswa disetiap jurusan, yakni jurusan Matematika-Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Program Keagamaan (PK), Bahasa, dan Bina Insan Cendekia (BIC). Jurusan sangat berpengaruh pada hasil belajar matematika, jika dilihat dari segi kemampuan nalar matematika maka jurusan BIC dan MIPA yang paling besar nilai hasil belajar matematikanya.

Downloads

Published

2020-12-16

How to Cite

Nabilah, N. A., Wulandari, Y. N., & Pangertika, H. A. (2020). Studi Komparatif Hasil Belajar Matematika Siswa Berdasarkan Jurusan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 122–133. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i2.9