Pengembangan Soal Matematika Model Pisa pada Materi Transformasi Geometri Kelas XI SMA
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10Keywords:
PISA, Research and Development Study, Trasformasi GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri untuk siswa kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development study. Analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa seperangkat soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri yang sebanyak 8 butir soal. Valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator. Soal-soal ini juga memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis menggunakan penalaran sendiri dalam penyelesaiannya. Aspek penting dalam pengembangan soal PISA ini adalah pemahaman konsep transformasi geometri dan kemampuan menggunakan angka untuk mewakili atribut kuantitatif objek dunia nyata. Soal disusun sesuai kerangka kerja (framework) PISA dan diadaptasikan dengan kurikulum K13 revisi pada kelas XI KD 3.5 tentang menganalisis dan membandingkan transformasi dan komposisi transformasi dengan menggunakan matriks dan KD 4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan matriks transformasi geometri (translasi, refleksi, dilatasi, dan rotasi). Dari uji validasi didapatkan bahwa keseluruhan soal valid dengan rincian nilai validitas 2.8 untuk soal nomor 1 dan 2, nilai 3.3 untuk soal nomor 3 dan 4, nilai 2.9 untuk soal nomor 5 dan 6, serta nilai 2.4 untuk soal nomor 7 dan 8.
References
Books:
Kohar, A. W. (2014). Pengembangan soal matematika model PISA: sebuah alternatif langkah awal memperbaiki prestasi literasi matematika siswa Indonesia.
National Council of Teacher Mathematics. (2000). Principles and Standards for Schools Mathematics. Reston. VA: NCTM
Sugiyono. (2007). Metode Penilaian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R/D). Bandung: Alfabeta.
Widjaja, W. 2013. The Used of Contextual Problems Support Mathematical Learning.
Online journal:
Abdul Halim Fathani. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences. EduSains. Vol. 4, No. 2.
Anisah; Zulkardi; Darmawijoyo. Pengembangan Soal Matematika Model PISA pada Konten Quantity untuk Mengukur Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Negeri Sriwijaya. Vol. 5, No. 1.
Charmila, Ninik ; Zulkardi; Darmawijoyo. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Jambi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol 20, No 2.
Johar, Rahmah. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi matematika. Jurnal Peluang. Vol. 1, No. 1
Kurniati, Dian; Romi Harimukti; Nur Asiyah Jamil. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Elemen. Vol. 2, No. 1.
Pulungan, Delyanti Azzumarito. (2014). Pengembangan Instrumen Tes Literasi Matematika Model PISA. Journal of Educational Research and Evaluation. Vol. 3, No. 2.
Putra, Yudi Yunika ; Zulkardi ; Yusuf Hartono. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Konten Bilangan untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Elemen. Vol. 2, No. 1
Journal on Mathematics Education, Vol. 4, No. 2.
Theses, Dissertation:
Kadir, K., & Masi, L. (2013). Penggunaan konteks dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMP. Dalam Prosiding KNPM V Malang.
Wardani, A. K. (2014). Pengembangan Soal Matematika Model PISA untuk Program Pengayaan Kelas VII SMP. Dalam Prosiding SEA-DR Kedua.
Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning on realistic mathematics education for Indonesian students teachers. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente, Enschede. The Nederland.