PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.290Keywords:
pemecaham masalah matematik, self efficacyAbstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahi pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas VIII SMP Plus Pajar Sentosa yang berjumlah 48 peserta didik, dengan menyelesaikan soal pada materi Persamaan Linear Dua Variabel. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian survey korelasional dengan pendekatan Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Hasil kolelasi Self Efficacy dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik diperoleh harga ttabel pada a = 0,05 dan dk = n − 2 = 48 − 2 = 46 adalah 2,011, karena thitung > ttabel yaitu 2,291 > 2,011 maka pengujian hipotesis H0 ditolak, maka terdapat korelasi yang signifikan antara Self Efficacy dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Menguji keberartian koefisien regresi X didapat tℎ > ttabel = 3,714 > 2,014 maka terdapat pengaruh signifikan antara Self Efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik.
References
Amin, Nur Fadilah, Sabaruddin Garancang, and Kamaluddin Abunawas. 2023. “Konsep Umum Populasi Dan Sampel Dalam Penelitian.” Jurnal Pilar 14(1): 15–31.
Astuti, Siwi Puji. 2015. “Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika.” Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 5(1): 68–75.
Firmansyah, Deri, and Dede. 2022. “Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian: Literature Review.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH) 1(2): 85–114.
Hafizah, Noor, Muhammad Ali Adriansyah, and Rini Fitriani Permatasari. 2021. “Kontrol Diri Dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Perilaku Phubbing Article Info ABSTRACT.” Jurnal Imiah Psikologi Volume 9 No 3 | September 2021: 630-645 Volume 9 N(3): 630–45.
Istiandari, Enjang, Mulyadi, and Nely Indra Meifiani. 2020. “Pengaruh Intensitas Belajar Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X Tkj 2 Smk Negeri 2 Donorojo.” Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN: 1–8.
Justisunda, M.G. 2017. “Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics 1(2): 24–30. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/view/375%0Ahttps://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/th/article/download/375/355.
Layali, Nunung khafidotul, and Masri. 2020. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Model Treffinger Di SMA N 6 Kota Bengkulu.” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05(02): 122–29.
Marasabessy, Rosida. 2020. “Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan 3(2): 168–83.
Novferma, Novferma. 2016. “Analisis Kesulitan Dan Self-Efficacy Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berbentuk Soal Cerita.” Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(1): 76–87.
Putri, Dini Palupi. 2022. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital [Character Education in Primary School Children in the Digital Age].” Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar 2(1): 41.
Ramadhan, Firman Aulia, and Niki Hidayah. 2022. “Penggunaan Strategy Diskursus Multy Representation (DMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik.” ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika 3(2): 76–86.
Rosyida, Fatiya, Sugeng Utaya, and Budijanto Budijanto. 2016. “Pengaruh Kebiasaan Belajar Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Geografi Di SMA.” Jurnal Pendidikan Geografi 21(2): 17–28.
Sagita, Dhestriana Kharen, Diana Ermawati, and Lovika Ardana Riswari. 2023. “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Educatio FKIP UNMA 9(2): 431–39.
Saleh, Agus, and Faisal Andi Lubis. 2018. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pokok SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Angkola.” Jurnal Education and Development 6(1): 20.
Sariningsih, Ratna, and Ratni Purwasih. 2017. “Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru.” JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika) 1(1): 163.
Subaidi, Agus. 2016. “Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” ∑Igma 1(2): 64–68.
Sugiono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Roida Siagian, Sudiyah Anawati, Condro Endang Werdiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.