PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS MATAKULIAH PENGATAR DASAR MATEMATIKA

Authors

  • Roida Eva Flora Siagian Universitas Indraprasta PGRI
  • Condro Endang Werdiningsih Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.253

Keywords:

Matematika, Model Student Facilitator And Explaning, Penalaran Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran matematis pada mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Pengantar Dasar Matematika. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi sebanyak 180 mahasiswa semester 1. Sampel yang diambil sebanyak 60 mahasiswa menggunakan metode cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa 4 soal uraian tes kemampuan penalaran matematika pada materi pengantar dasar matematika. Dari hasil perhitungan rata-rata kemampuan penalaran matematika mahasiswa yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebesar 63 lebih tinggi dari rata-rata mahasiswa yang diajar dengan model konvensional sebesar 32. Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji  t  thitung = 7,58 lebih besar dari ttabel = 1,67 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan penalaran matematis pada matakuliah pengantar dasar matematika.

References

Bau, F., Fayeldi, T., & Suwanti, V. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Kelas Xi. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i1.4547

GS Amelya, R Wati, S Wahyudi, A. S. (2023). Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Peningkatan Kreatifitas Prestasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejujuruan 1 Rambah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2).

Hajar, S. S., Sofyan, S., & Amalia, R. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(2), 32–36. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i2.1413

Islami, A. N., Rahmawati, N. K., & Yulianto, W. (2020). Eksperimentasi Model Student Facilitator and Explaining dan Probing-Prompting Ditinjau dari Penalaran Matematis. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 83–90. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.687

Lutfiana, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Matematika Smk Diponegoro Banyuputih. VOCATIONAL: Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, 2(4), 310–319. https://doi.org/10.51878/vocational.v2i4.1752

Maknunah, L., & Kamila, A. I. (2022). Hubungan Ilmu Mantik Terhadap Permasalahan Logika Matematika Untuk Penarikan Sebuah Kesimpulan. ARITMATIKA :Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 108–118.

Mufidati, D., & Mukhlis, M. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62

Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation (DMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 76–86.

Rasyid, A. T., & Ilham, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 4 Barebbo Kecamatan Barebbo Kabupaten Bone. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(3), 433–439. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2184

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suharsimi, A. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Pust Pelajar.

Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & Wijaya, T. T. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2602. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4369

Widiazizah, I., Fatah, A., & Rahayu, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge ( Tpack ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107.

Wirawan, N., Yuhana, Y., & Fatah, A. (2023). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Bentuk Literasi Numerasi AKM pada Konten Bilangan Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 2715–2728. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2623

Zaini, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 111–120.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Siagian, R. E. F., & Werdiningsih, C. E. . (2023). PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS MATAKULIAH PENGATAR DASAR MATEMATIKA. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.253