About the Journal

Judul Jurnal

ARITMATIKA Jurnal Riset Pendidikan Matematika

 ISSN

 2723-1046  (online) | 2723-0627 (print)

 DOI

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i2

 Penerbit

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,
UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur, Indonesia

 Frekuensi

2 kali dalam 1 tahun

 Kutipan

Google Scholar | Garuda | CrossrefSinta 5  | 

ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika merupakan jurnal ilmiah yang menerapkan sistem peer-review dan dikelola secara berkala oleh Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jurnal ini berfokus pada publikasi manuskrip ilmiah, baik berupa hasil penelitian dibidang pendidikan, pembelajaran, dan proses berpikir matematika. Publikasi dilakukan dalam Bahasa Indonesia, disertai dengan dua abstrak, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang kontribusi artikel ilmiah dari berbagai kalangan akademisi dan profesional, termasuk peneliti, dosen, mahasiswa, guru, dan praktisi lainnya, untuk berkontribusi dalam pengembangan keilmuan pendidikan Matematika.

 

Kebijakan Akses Terbuka:

Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0). Hal ini memungkinkan orang lain untuk berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, Mengadaptasi — me-remix, mengubah, dan mengembangkan materi tersebut. 

Current Issue

Vol. 6 No. 2 (2025): ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika
					View Vol. 6 No. 2 (2025): ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Edisi Vol. 6 No. 2 berisi artikel teranyar tahun 2025 tentang strategi pembelajaran praktis (mis. media lidi, window shopping, dan strategi-strategi pembelajaran terapan) serta kajian penerapan model pembelajaran yang berdampak pada minat dan hasil belajar. Issue ini merefleksikan kesinambungan jurnal: dari pengembangan perangkat ajar, media, hingga kajian empiris tentang motivasi dan minat siswa. Karena merupakan issue paling mutakhir yang tersedia di laman resmi, edisi ini sangat layak dijadikan rujukan bagi guru dan peneliti yang ingin melihat praktik pembelajaran terbaru tahun 2025.

Published: 2025-10-14

Articles

View All Issues

Indexed By:

Google Garuda

Sinta5

Referensi silang - Wikipedia