PENGARUH MEDIA LIDI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA OPERASI HITUNG DI KELAS III SD NEGERI 59 KM.2 NGABANG

Authors

  • Agun Satrio Agun123 Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  • Konstansia Hermiati Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i2.331

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lidi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung di Kelas III SD Negeri 59 KM.2 Ngabang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental). Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial, seperti uji normalitas, linearitas, homogenitas, autokorelasi, dan regresi linear sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 45,12 pada pretest menjadi 67,32 pada posttest. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menunjukkan hubungan yang signifikan dan linier antara variabel. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen, dan uji autokorelasi menunjukkan tidak adanya autokorelasi dalam model regresi. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai R sebesar 0,924 dan R Square sebesar 0,854, yang berarti 85,4% variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan media lidi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media lidi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung. Penggunaan media pembelajaran konkret seperti lidi terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih baik.

Kata kunci: Media lidi, hasil belajar, operasi hitung, matematika, regresi linear sederhana.

Downloads

Published

2025-10-23

How to Cite

Agun123, A. S., & Hermiati, K. (2025). PENGARUH MEDIA LIDI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA OPERASI HITUNG DI KELAS III SD NEGERI 59 KM.2 NGABANG . ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 36–48. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i2.331