SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN QUIZIZZ YANG INOVATIF
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.289Keywords:
Media Pembelajaran, quizizz, Hasil Belajar, dampak pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang hasil akhir pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dengan mengkaji artikel-artikel yang relevan dengan judul artikel peneliti. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) atau Tinjauan Pustaka Sistematis untuk mengkaji dan menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa. Sampel analisis mencakup 15 jurnal ilmiah terpublikasi dari rentang waktu 2020-2024. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa, dengan mengeksklusikan artikel-artikel yang tidak relevan dengan kata kunci "Media Pembelajaran Quizizz" dan "Hasil Belajar". Analisis artikel ilmiah yang dikumpulkan menunjukkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, mengurangi kebosanan, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, yang semuanya berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.
References
Mawaddah, A. W. A., Hidayat, M. T., Siti M, Amin, & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5).
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Media Game Quizizz Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Smp 2 Bojonegara. Gauss: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).
Musbihin, & Marom, S. (2022). Pengaruh Minat Pada Evaluasi Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Melalui Media Quizizz Dan Kahoot! Terhadap Hasil Belajar Matematika. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 3(2).
Nuriafuri, R., Sumarno, & Dwijayanti, I. (2024). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi Dalam Pembelajaran Literasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN Sendangmulyo 02 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1).
Ratnawati, W., Retno, R. S., & Triastuti, N. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pemanfaatan Media Quizizz Pada Siswa Kelas 5 SDN Wonosari 2. Jurnal Pendidikan Guru, 5(1), 14–25.
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2).
Situmeang, D. L., Ardiani, N., & Harahap, S. D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Melalui Aplikasi Quizizz Pada Pelajaran Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Kolang. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3).
Wardany, O. F., & Ulfa, D. A. (2022). Efektivitas Game Quizziz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Jam pada Siswa Tunarungu. JURNAL ORTOPEDAGOGIA, 8(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Laila Fitria Handayani, Nurul Arfinanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.