Systematic Literature Review : Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika

Authors

  • Najma Aufa Khansa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Arfinanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.288

Keywords:

Systematic Literature Review, Matematika, Minat Belajar, Aplikasi, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode sistematika literatur review yang menampilkan metode analisis dalam media pembelajaran berbasis aplikasi untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika yang diterbitkan dari tahun 2017 hingga 2023. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan penelitian yaitu: 1) Media pembelajaran berbasis aplikasi apa saja yang dapat meningkatkan minat belajar pada pembelajaran matematika? 2) Bagaimana tren penelitian mengenai model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan minat belajar siswa pada tahun 2017-2023?. Berdasarkan hasil review, dengan menjawab pertanyaan penelitian yang ada, media-media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa diantaranya; Game Android, Multimedia Interaktif Macromedia Flash, Geogebra, Buku Saku Digital, Game Rider Edu, Quizizz, Software Prezi, Microsoft PowerPoint, serta Game Kahoot. Penelitian terkait suatu media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa didominasi dilaksanakan pada tahun 2019, diterbitkan pada jurnal terakreditasi Sinta, dan jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif, serta cenderung dilakukan pada peningkatan SMP. Artikel penelitian paling banyak diterbitkan pada tahun 2019 yaitu sebanyak 3 artikel. Dari tahun 2017-2019 mengalami peningkatan, sedangkan tahun 2020-2021 dan 2022-2023 mengalami penurunan.

References

Alviyaturrohmah, & Muchyidin, A. (2017). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SOFTWARE PREZI.

Andriyani, J. S. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika E-Komik dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Himpunan Kelas VII SMP. UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Asngari, D. R. (2015). Penggunaan Geogebra dalam Pembelajaran Geometri. www.geogebra.com.

Azzahra, M. D., & Pramudiani, P. (2022). Pengaruh Quizizz sebagai Media Interaktif terhadap Minat Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Kelas V di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3203–3213. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1604

Chronika, A., Manalu, S., Jumiati, Y., Setiawan, W., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Tengah, C., Cimahi, K., & Barat, J. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2019). ANALISIS MINAT BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA.

Hadi, W. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Cognitive Load Theory Tipe Worked Example Berorientasi pada Hasil Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. IAIN Pare-pare.

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). PEMANFAATAN APLIKASI MICROSOFT POWERPOINT PADA SISWA SMP KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN KOORDINAT KARTESIUS. In Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR (Vol. 1, Issue 1).

Itqan, M. S. (2018). Pendekatan Game Android Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. In Jurnal EduMatSains (Vol. 2, Issue 2).

Izzatin, M., & Mucti, A. (2019). DESAIN PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL MATEMATIKA SMP BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA. 6. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/edukasia/index

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., Solihati, I., Pasirbiru Kecamatan Cibiru Kabupaten, K., Bandung, K., & Barat, J. (2018). PENGGUNAAN POWER POINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: EFEKTIFKAH? 3(1), 43–48.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Vol. 03).

Priangga, Y. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Smartphone Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. 05(02), 1116–1126.

Putra, R. W. Y., & Anggraini, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 7, Issue 2).

Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., & Naibaho, T. (n.d.). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi.

Simanjuntak, J., Isadora Simangunsong, M., & Naibaho, T. (2021). Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Kencana, Ed.; 4th ed.). Prenada Media Grup.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., Iswara, B., Studi, P., Informasi, S., Bali, S., Raya, J., & No, P. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. In Indonesian Journal of Information Systems (IJIS (Vol. 1, Issue 2). https://www.google.com

Warisno, A. (2021). Standar Pengelolaan Pendidikan Dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Islam. In An Nida (Vol. 1). https://journal.an-nur.ac.id/index.php/jp1

Wibowo, T., Darminto, B. P., & Faiz, M. I. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA GAME ANDROID “RIDER EDU” UNTUK PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1), 160. https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.4961

Wigati, S. (2019). PENGGUNAAN MEDIA GAME KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2445

Wulandari, S. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Siswa Belajar Matematika Di SMP 1 Bukit Sundi. Indonesian Journal of Technology, Informatics and Science (IJTIS), 1(2), 43–48. https://doi.org/10.24176/ijtis.v1i2.4891

Yuliastuti, R., & Soebagyo, J. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Matematika Terapan pada Materi Matriks. 05(03), 2270–2284.

Yusril, A. N., Larasati, I., & Al Zukri, P. (2021). SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi Systematic Literature Review Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Zhao, F. (2019). Using quizizz to integrate fun multiplayer activity in the accounting classroom. International Journal of Higher Education, 8(1), 37–43. https://doi.org/10.5430/ijhe.v8n1p37

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Khansa, N. A., & Arfinanti, N. . (2024). Systematic Literature Review : Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 50–67. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.288