PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA MTs PADA MATERI LINGKARAN
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.93Keywords:
discovery learning, Kemampuan berpikir kreatif, MatematikaAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk melihat apakah ada pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi experimental design. Sampel yang diambil adalah dua kelas yang memiliki kemampuan rata-rata sama dengan jumlah sampel 62 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan soal tes kemampuan berpikir kreatif. Analisis data menggunakan teknik uji-t. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) terdapat pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII, hal ini terlihat dari nilai t.hitung > t.tabel yaitu 3,002 > 2,000. 2) besar pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII adalah 0,8 atau 79% yang termasuk ke dalam kategori tinggi.
References
Abdulloh, Ridwan Sani. (2015). Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara.
Angga Ardianto, Dodik Mulyono, Sri Handayani,. (2019). ‘Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP’, Jurnal Inovasi Matematika, 1.1.
Maharani, Sri, and Martin Bernard. (2018). ‘Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran’, JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1.5.
Moma, La. (2015). ‘Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Untuk Siswa Smp’, Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4.1.
Mulyasa. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Purwaningrum, Jayanti Putri. (2016). ‘Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Melalui Discovery Learning Berbasis Scientific Approach’, Refleksi Edukatika, 6.2.
Ratnasariningsih, Ratni Purwasih. (2017). ‘Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Self-Concept Siswa SMP’, Jurnal Didaktik Matematika, 4.1.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Landasan Psikologi Proses Pendidikan Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Zanthy, Lestari. (2019). ‘Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMK Di Kota Cimahi Pada Materi Geometri Ruang’, Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 2.4.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Devina Berliani, Dewi Asmarani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.