Kajian Etnomatematika Gebyok Ukir Desa Gemiring Kidul Jepara Sebagai Bahan Ajar Matematika SMP
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.72Keywords:
bahan ajar, etnomatematika, kerajinan gebyok ukirAbstract
Pendidikan berkualitas merupakan pendidikan yang mampu menjawab berbagai tantangan dan permasalahan yang dihadapi sekarang dan yang akan datang, salah satunya melalui pemberdayaan sumber pendidikan oleh lembaga pendidikan. Sumber tersebut dapat berupa hasil kebudayaan suatu daerah seperti kerajinan seni ukir di Jepara yang memiliki unsur matematikanya. Berdasarkan studi literasi didapatkan bahwa kerajinan gebyok ukir di Desa Gemiring Kidul Kabupaten Jepara memiliki unsur matematika yang dapat dijadikan sebagai bahan ajar matematika SMP. Kerajinan gebyok tersebut memiliki unsur etnomatematika di dalamnya, seperti konsep bangun datar, kesebangunan, kekongruenan, dan transformasi geometri yang identik dengan pembelajaran matematika yang ada di SMP. Penyusunan bahan ajar dapat dilakukan melalui: (1) membuat penjelasan materi, (2) membuat contoh soal, dan (3) membuat latihan soal, dimana ketiga unsur tersebut dikaitkan dengan kerajinan gebyok ukir. Dengan demikian, siswa dapat belajar matematika sekaligus mengenal kerajinan gebyok ukir Desa Gemiring Kidul agar kerajinan tersebut tetap bisa dilestarikan.
Kata Kunci: bahan ajar, etnomatematika, kerajinan gebyok ukir
Quality education is education that able to answer various challenges and problems faced now and in future, one of which is through empowerment of educational resources by educational institutions. The source can be result of area's culture, such as carving in Jepara, which has a mathematical element. This research aims to study and develop JHS mathematics teaching materials from the ethnomathematics of gebyok carving craft in Gemiring Kidul Village. Based on research and development methods, the results show that the gebyok carving has a mathematical element that can be used as a JHS mathematics teaching material. The gebyok craft has ethnomathematical elements in it, such as concepts of flat shapes, similarity, congruence, and geometric transformations which are identical to mathematics learning in JHS. Furthermore, preparation of teaching materials can be done through: (1) making an explanation of the material, (2) making sample questions, and (3) making practice questions, where the three elements are associated with the gebyok carving craft.
Keywords: teaching materials, ethnomathematics, gebyok carving crafts
References
Ariyanto, M.P. 2021. Get Success Matematika Dasar. Kudus: Badan Penerbit Universitas Muria Kudus.
Ayuningtyas, A.D & Setiana, D.S. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11-19. Diambil 8 Februari 2022 dari https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1630.
Dimpudus, A & Ding, A.C.H. 2019. Eksplorasi Etnomatematika pada Kebudayaan Suku Dayak sebagai Sumber Belajar Matematika di SMP Negeri 1 Linggang Bigung Kutai Barat. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 111–18. Diambil 8 Februari 2022 dari https://doi.org/10.30872/primatika.v8i2.146.
Fahrurrozi & Hamdi, S. 2017. Metode Pembelajaran Matematika. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.
Fitri, S.F.N. 2021. Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617-1620. Diambil 8 Februari 2022 dari https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148/1029.
Fitriyah, D.N., Santoso, H., & Suryadinata, N. 2018. Bahan Ajar Transformasi Geometri Berbasis Discovery Learning melalui Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Elemen, 4(2), 145-158. Diambil 6 Februari 2022 dari https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/download/705/pdf_2.
Hanafi. 2017. Konsep Penelitian R&D dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129-150. Diambil 10 Maret 2022 dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikislamica/article/download/1204/953/.
Muhajirin. 2018. Estetic Expressions of Jepara Carving in Efforts to Deal with the Market Demands. CORAK Jurnal Seni Kriya, 8(1), 58-70. Diambil 5 Februari 2022 dari https://journal.isi.ac.id/index.php/corak/article/download/2779/1073.
Nurmaya, R., Herawati, R., & Ratnaningsih, N. 2021. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika pada Materi Transformasi Geometri. Range: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 123-129. Diambil 6 Februari 2022 dari https://jurnal.unimor.ac.id/JPM/article/download/941/524/.
Rohim, D.C. 2021. Ekplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Troso Jepara sebagai Bahan Ajar bagi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(2), 98-104. Diambil 8 Februari 2022 dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/download/13167/pdf/46228.
Setyo, A.A. & Ba’diah, A.S. 2021. Transformasi Geometri Teori, Aplikasi, dan Pemanfaatan Teknologi. Pontianak: Yudha English Gallery.
Unaenah, E., dkk. 2018. Teori Bruner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Nusantara: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 327-349. Diambil 5 Februari 2022 dari https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/download/840/577/.
Utami, R.N.F., Hermanto, R., & Muhtadi, D. 2021. Etnomatematika: Eksplorasi Seni Ukir Jepara. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(1), 23-38. Diambil 5 Februari 2022 dari http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/UTA71.
Zainuddin, A. 2010. Galeri Seni Ukir Jepara sebagai Wadah Representasi dan Sarana Pelestarian Seni Ukir dan Kerajinan Jepara dengan Pendekatan pada Arsemiotika. Tugas Akhir Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Zhang, W & Zhang, Q. 2010. Ethnomathematics and Its Integration Within The Mathematics Curriculum. Journal of Mathematics Education, 3(1), 151-157. Diambil 8 Februari 2022 dari http://educationforatoz.org/images/_12_Weizhong_Zhang_and_Qinqiong_Zhang.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.