Pengenalan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi Melalui Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Matematika Tingkat SMP pada Materi Bangun Datar
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.71Keywords:
budaya lokal banyuwangi, matematika, quizizzAbstract
Matematika dan Budaya dalam Pendidikan dapat dipadukan menjadi suatu pembelajaran melalui aplikasi Quizizz. Aplikasi Quizizz merupakan suatu aplikasi pendidikan berbasis game yang dapat dijadikan media untuk pembelajaran matematika. Aplikasi Quizizz juga dapat menjadi salah satu alternatif pengenalan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi melalui gambar dalam pembelajaran matematika. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dan pengenalan budaya Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi melalui aplikasi Quizizz. Budaya Lokal yang terdapat di Kabupaten Banyuwangi diantaranya seperti Candi-Candi Peninggalan, Prasasti, Jajanan Tradisional, dan Alat Musik Tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk; 1) Mengenalkan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi dalam pembelajaran matematika tingkat SMP, 2) Menganalisis hubungan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi dengan pembelajaran matematika melalui aplikasi Quizizz pada materi bangun datar dan, 3) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika secara cepat dan tepat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan Deskriptif Kualitatif dengan Pendekatan Etnografi. Dan Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Human Instrument, yakni peneliti berhubungan langsung dengan penelitian serta berperan sebagai pengumpul data melalui tes, dokumentasi, dan angket terbuka. Untuk teknik analisis data akan dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, analisis data, dan pemaparan data. Data diperoleh dari nilai dalam aplikasi Quizizz serta angket yang diberikan kepada peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Pengenalan Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi dapat dilakukan melalui pembelajaran matematika tingkat SMP. Pembelajaran matematika yang dikemas dalam bentuk soal dan disajikan melalui aplikasi Quizizz, Menunjukkan persentase sebesar 95% dari 20 peserta didik pada tingkat SMP yang masuk dalam kategori sangat baik dalam mengenal Budaya Banyuwangi. 2) Budaya Lokal Kabupaten Banyuwangi dapat dihubungkan pada pembelajaran matematika yang disajikan dalam bentuk soal. Dibuktikan dengan berbagai budaya banyuwangi memiliki struktur bentuk yang sama dengan materi bangun datar. 3) Kemampuan peserta didik dalam mengerjakan soal matematika melalui aplikasi Quizizz didapatkan persentase sebesar 92% dari 20 peserta didik dapat menjawab semua soal dengan benar. Didapatkan skor tertinggi yakni 11700 dalam waktu kurang dari 10 menit dengan ketepatan yang kecepatan dalam mengerjakan soal matematika melalui aplikasi Quizizz.
Kata Kunci : Budaya lokal Banyuwangi, Matematika, Quizizz
References
Bishop. (1994). cultural conflicts in the mathematics education of indigenous people. Viktoria: monash university.
Dwi lailatul, d. (2021). pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online Quizizz. jurnal ibrahimy, 1-7.
Fiedhea, d. (2020). MELESTARIKAN KEMBALI BUDAYA LOKAL MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Artikel Cakrawala , 150-151.
Hariastuti, R.M. (2016). STUDY ETNOMATEMATIKA. 1.
Irwan, I,dkk. (2019). Efektifitas Penggunaan Kahoot untuk meningkatkan hasil belajar siswa. PEDAGOGIA : Jurnal Pendidikan, 8(1). 95.
Lindriati, Triana. (2015). IbM PENGRAJIN KUE BAGIAK DI KABUPATEN BANYUWANGI. ARTIKEL ILMIAH IbM. 1.
Pinxten. (1994). Ethnomathematics and its practice: For the learning of mathematics, 14.
Prastowo, Andi. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian.” Yogyakarta : Ar-Ruzzmedia
Purba, L.S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah kimia fisika I.JDP. 12(1) : 29.
Purwasito. (2003). Komunikasi multikultural. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 99.
Rakhmawati, R. (2016). Vol. 7, No. 2. Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung, 221-230.
Senen, A. (2013). Menumbuhkan Sikap Mendem Jero Mikul Duwur Melalui Pembelajaran IPS (Suatu Kajian Pendidikan Nilai Berbasis Kearifan Lokal Budaya Jawa). hlm 178-186. Banjarmasin: Jurusan Pendidikan IPS FKIP Unlam, Program Pascasarjana Pendidikan IPS Unlam dan Himpunan Sarjana Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial Indonesia (HISPISI) Banjarmasin.
Tampomas, H. (2006). MAtematika Plus. Jakarta : yudistira.
Published
Versions
- 2023-01-01 (4)
- 2022-06-22 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.