Perancangan Media Pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 Berbasis Realistic Mathematics Education

Authors

  • Ismia Nur Atika IAIN Kudus
  • Putri Nur Malasari Institut Agama Islam Negeri Kudus

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.59

Keywords:

adobe flash, learning media, mathematics learning, mathematics education

Abstract

Pemilihan media dan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat dapat membuat siswa kurang minat terhadap pembelajaran matematika serta membuat siswa kesulitan dalam memahami konsep matematika. Solusinya dibutuhkan media dan pendekatan pembelajaran yang menarik dan dapat dibayangkan dengan pikiran sehingga menumbuhkan minat belajar siswa sekaligus memudahkan siswa dalam memahami ide dan gagasan matematika. Penulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancangan media pembelajaran Adobe Flash dengan pendekatan RME. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian studi kepustakaan. Pembuatan media pembelajaran ini meliputi tiga tahap yait u, persiapan, pembuatan dan penyelesaian media pembelajaran. Hasil yang diperoleh berupa media pembelajaran Adobe Flash berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk sekolah menengah pertama. Rancangan yang telah dibuat, kemudian disimpan dalam bentuk .fla, .swf, dan .exe (application). Dengan media pembelajaran berbasis RME, pembelajaran matematika bisa minat siswa dalam belajar sekaligus mempermudah siswa dalam pemahaman dalam pemahaman ide dan gagasan matematika.

Kata Kunci: adobe flash, media pembelajaran, pembelajaran matematika, realistic mathematics education

Inappropriate selection of media and learning approaches can make students less interested in learning mathematics and make it difficult for students to understand mathematical concepts. Using appropriate and interesting media and learning approaches is one solution that can foster student interest in learning while making it easier for students to understand mathematics. This study aims to describe the design of learning media using Adobe Flash Professional CS6 based on the Realistic Mathematics Education (RME) approach. This research is included in the type of literature study research. There are 3 stages in this research, namely the preparation, creation, and completion of learning media. The results obtained are in the form of RME-based Adobe Flash learning media for junior high schools. The result of this research is RME-based Adobe Flash Professional CS6 learning media for Junior High School which is saved in exe (application) form.

Keywords: adobe flash, learning media, mathematics learning, realistic mathematics education

References

Afifaturrohmaniyyah, N., & Malasari, P. N. (2021). Problematika Guru dalam Mengajar Materi Aljabar di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 43-52.

Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83-98.

Ariska, M. D., Darmadi, D., & Murtafi’ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggnakan Adobe Flash Berbasis Metakognisi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(01), 83-97.

Auliya, N. N. F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs. 6 dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas X Materi Pokok Pertidaksamaan Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1).

Bhoke, W. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Karakter dengan Model Realistic Mathematics Education pada Materi Segiempat. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 49-58.

Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa ditinjau dari self confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56.

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-164.

Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-Operation Model: An Effort to Enhance Students’ Mathematical Literacy Proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 87-96.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taskiyah, A. N., & Widyastuti, W. (2021). Etnomatematika dan Menumbuhkan Karakter Cinta Tanah Air pada Permainan Engklek. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(1), 81-94.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2020). Realistic mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 713-717.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif Publisher.

Downloads

Published

2022-06-23

How to Cite

Ismia Nur Atika, & Malasari, P. N. (2022). Perancangan Media Pembelajaran Adobe Flash Professional CS6 Berbasis Realistic Mathematics Education. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 31–41. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i1.59