ANALISIS KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MATA KULIAH TEORI BILANGAN (Teori Keterbagian dalam bilangan Bulat)
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i2.313Keywords:
kemampuan, pembuktian matematis, teori bilangan, teori keterbagian dalam bilangan bulatAbstract
Pembelajaran matematika khususnya teori bilangan jenjang perguruan tinggi, menjadi tantangan awal bagi mahsiswa dalam meneyelesaikan masalah. Beberapa kali pertemuan mencoba untuk penyelesaian masalah, namun tidak selalu berhasil. Namun dengan berulang-ulang percobaan dalam penyelesaian masalah (pebuktian) suatu teorema, mahasiswa memahami dan mengerti. Inti dari pada persoalan ini adalah mahasiswa harus teliti, fokus dan faham dengan apa yang disampaikan pemateri dan memahami buku panduan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan soal tes tentang teori keterbagian dalam bilangan bulat mata kuliah teori bilangan yang kemudian teknik analisis data dilakukan dengan melihat hasil pembuktian mahasiswa dengan menyesuaikan soal dan indikator. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 10 mahasiswa program studi Pendidikan matematika. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat 10% saja yang kurang maksimal. Untuk 90% mahasiswa sudah mampu menyelesaikan masalah dengan baik. Ini artinya mahasiswa mampu menyelesaikan pembuktian soal matematis pada mata kuliah teori bilangan khususnya Teori keterbagian dalam bilangan bulat. Artinya keberhasilan dalam pembelajaran sangat terlihat dari hasil jawaban mahasiswa.
References
Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic Literature Review: Efektivitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Pada Pembelajaran Matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3). https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.117
Azizah, U., Mutaqin, A., & Rafianti, I. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/10.48181/tirtamath.v2i1.8321
Dewi, N. S., & Dasari, D. (2023). Systematic Literature Review: Kemampuan Pembuktian Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1987
Eva, R., Siagian, F., Anawati, S., & Werdiningsih, C. E. (2024). PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA.
Hartati, L. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah teori bilangan. Prosiding SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1).
Hasan, M. N., Nuroniyyah, A., & Anis Silwatud Diyana. (2022). Implementasi Etnomatematika Berbasis Alquran Sebagai Rujukan Pembelajaran Teori Bilangan. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 5(1). https://doi.org/10.58518/alfurqon.v5i1.1787
Hernadi, J. (2013). Metoda Pembuktian dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.22342/jpm.2.1.295.
Hodiyanto, H., & Susiaty, U. D. (2018). Peningkatan kemampuan pembuktian matematis melalui model pembelajaran problem posing. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 128–137.
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI BILANGAN. Jurnal Analisa, 4(1). https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101
Kartini, & Suanto, E. (2016). ANALISA KESULITAN PEMBUKTIAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL. SEMIRATA 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat, 1(1).
Lestari, A. C., Solehah, A. N. B., Maghfiroh, A. A., Fitriyah, I. A., Septiadi, D. D., & Annizar, A. M. (2020). PENGEMBANGAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMA KELAS XI MATERI SISTEM PERTIDAKSAMAAN LINIER DUA VARIABEL. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–21.
Lestari, K. E. (2015). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Menggunakan Pendekatan Induktif-Deduktif Pada Mata Kuliah Analisis Real. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(2).
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2019). Penelitian pendidikan matematika.
Nurrahmah, A., & Karim, A. (2018). Analisis kemampuan pembuktian matematis pada matakuliah teori bilangan. JURNAL E-DuMath, 4(2), 21–29.
Perbowo, K. S., & Pradipta, T. R. (2017). PEMETAAN KEMAMPUAN PEMBUKTIAN MATEMATIS SEBAGAI PRASYARAT MATA KULIAH ANALISIS REAL MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no1.2017pp81-90
Ramadhan, F. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation (DMR) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88.
Siagian, R. E. F., & Werdiningsih, C. E. (2023). PENGARUH MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLANING TERHADAP PENALARAN MATEMATIS MATAKULIAH PENGATAR DASAR MATEMATIKA. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 117–128.
Siallagan, F., Sinaga, B., & Rajagukguk, W. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 68–74.
Wahyuni, I., Rahman, A., & Hartiningwan, E. P. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Dasar Matematika Pada Siswa Smp/Mts. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 129–144.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Robisha Zarifa Ribaah, Firma Yudha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.