IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL (PSE) DALAM KURIKULUM MERDEKA DI MI “UNGGULAN” NURIS
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i2.310Keywords:
Implementation, Merdeka Curriculum, MI Unggulan Nuris, Pembelajaran Sosial EmosionalAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) yang merupakan proses kolaboratif melibatkan seluruh komunitas sekolah untuk mengembangkan keterampilan sosial dan emosional peserta didik, serta bertujuan untuk menganalisis implementasi PSE Kurikulum Merdeka di MI Unggulan Nuris. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan kajian literatur, dokumentasi, dan wawancara dengan guru yang telah melaksanakan PSE di sekolah. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles & Huberman, yang melibatkan tiga tahap utama, yaitu proses pengumpulan data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PSE di MI Unggulan Nuris diterapkan melalui kegiatan rutin seperti upacara, salat duha, kebersihan bersama, dan aktivitas berbaris. Selain itu, PSE diintegrasikan dalam proses pembelajaran dengan berbagai teknik seperti pertanyaan pemantik, mindfulness, dan pemilihan model pembelajaran. Temuan ini menunjukkan bahwa PSE dapat membentuk keseimbangan antara kompetensi akademik dan sosial emosional peserta didik sehingga mencetak individu yang memiliki kecerdasan sosial dan emosi yang baik.
References
Agustina, K. H., Abqoriyun, M., Fahmi, N., Yudianto, E., Diah, N., & Lestari, S. (2024). Relevansi penerapan model pembelajaran terhadap pelajaran matematika berdasarkan kurikulum merdeka 1. Aritmatika, 5(1).
Aini, Q., & Firmansyah, M. I. (2024). Analisis Aksesibilitas Buku Teks PAI dan Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. 9(1), 43–68.
Al-Gipari, L. M. (2021). Pengaruh Manajemen Pendidikan Boarding School Dan Keteladanan Guru Terhadap Karakter Siswa Di SMA IT Rahmaniyah Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Tesis, 1–235.
Avandra, R., Neviyarni S, & Irdamurni. (2023). Pembelajaran Sosial Emosional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5560–5570. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1314
Christiana Elisabeth. (2019). Identifikasi Bentuk Kekerasan dan Penangannya di Lingkungan Sekolah Dasar. Child Education Journal, 1(2), 58–64.
Conden & Gonchar. (2017). Cultivating Mindfulness for Educators Using Resources From The New York Times. New York.
Fitriah, Soraya Djamilah, R. N. (2024). Pengembangan lkpd kurikulum merdeka berbasis pendekatan kontekstual pada materi perbandingan. Aritmatika, 5(2).
Gonser, S. (2022). No Developing Emotional Literacy Across the Grade Levels. Jing Jing Tsong.
Isabela, M., & Anggraini, S. (2024). Hubungan Kematangan Emosi dengan Perilaku Bullying pada Siswa. Journal on Education, 06(03), 16998–17009.
Jamilah, S. (2019). Pengembangan Sosial-Emosional Anak Melalui Metode Role Playing (Bermain Peran) Di Kelompok B Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 1(1), 83–101. https://doi.org/10.52266/pelangi.v1i1.282
Kholida, A., Susanti, D., & Jamiludin, M. F. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Panti Jember. Aritmatika, 5(1), 76–87.
Lu’lu’a Farah Adiba. (2024). Evaluasi Program Social Emotional Learning Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik (Studi Kasus di SD Kharisma Bangsa dan SD Pribadi Depok) TESIS. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1–227.
Mustofa, N. H., & Sumardjoko, B. (2021). Pembelajaran Sosial Emosional Di Sekolah Penggerak Sdn 3 Glinggangan Kecamatan Pringkuku Pacitan. Andrew’s Disease of the Skin Clinical Dermatology., 2, 1–9.
Nengsih, A. A., Agusdianita, N., & Oktariya, B. (2024). Analisis Kesulitan Guru Kelas dalam Menerapkan 5 Unsur KSE (Kompetensi Sosial Emosional) pada Saat Proses Pembelajaran di Kelas VI SDN 20 Kota Bengkulu. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 273–282. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91559
Noble, T., & McGrath, H. (2014). Increasing psychological well-being in clinical and educational settings: Cross-cultural advancements in positive psychology. In Well-being and resilience in school settings (Volume 8). Springer, Dordrecht. https://doi.org/10.1007/978-94-017-8669-0_9
Nur’Aini, P., Mahfud, H., & Ardiansyah, R. (2022). Analisis dampak meditasi terhadap kemampuan peserta didik usia sekolah dasar dalam mengelola emosi diri. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 110–114. https://doi.org/10.20961/ddi.v9i2.49678
Nuraeni, I., Kholillah, khoirunnisa M., Ani, N., Lestari, R., & Rostika, D. (2023). Mengintegrasikan Pembelajaran Sosial dan Emosional pada Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cermin: Jurnal Penelitian, 7(2), 449–458. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v7i2.3901
Ramadhani, W., Miyono, N., & Masudah. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Sosial Emosional melalui Model Pembelajaran Bermain Peran ( Role Playing ) di Kelas II SD Negeri Bugangan 03 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 11443–11451.
Solihin, A. (2023). Simiralitas Pendekatan Pembelajaran Az-Zarnuji Dan Kecerdasan Emosional Daniel Goleman. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 113–132. https://doi.org/10.51729/81176
Sulistyowati, A., Hartinah, S., & Sudibyo, H. (2023). Model Pembentukan Karakter Pelajar Pancasila dengan Pendekatan Collaborative for the Advancement of Social and Emotional learning (CASEL). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 10275–10282.
Suputra, I. K. D., Rahayu, Y. P., & Dianovinina, K. (2022). Pengaruh Pelatihan Self-Compassion Terhadap Kontrol Diri Anak yang Berkonflik Dengan Hukum. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 429. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.8218
Yuhelmi. (2022). Implementasi Pembelajaran Social Emotional Learning di Era Kurikulum Merdeka di SD Binaan Kecamatan Padang Utara. Jurnal Ilmiah Maksitek, 7(4), 91–98.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hanifah Rizki Mubarokah, Ivana Gabriella, 3Nurcholif Diah Sri Lestari, Dian Kurniati, Erfan Yudianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.