Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III

indonesia

Authors

  • Amin Mustajab STKIP MELAWI
  • Ya' Julyanto STKIP MELAWI
  • Yuni Sapitri STKIP MELAWI

Keywords:

Metode Ekspositori, Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal Cerita Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa kelas III Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Desain penelitian eksperimental dengan pretest-posttest digunakan dengan melibatkan 11 siswa sebagai subjek penelitian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita setelah penerapan metode ekspositori. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode ekspositori dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10.

Aisyah, P. N., Khasanah, S. U. N., Yuliani, A., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 1025. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p1025-1036

Annurwanda, P., & Friantini, R. N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Round Table dan Ekspositori Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.38114/riemann.v1i1.19

Aulia, D. U., Pardosi, Y. T. S., Ginting, N., & Hutagalung, T. (2024). Peranan Bahasa Mengkomunikasikan Matematika dalam Pembelajaran Tingkat SMP. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8.

Ayu, S., Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1611. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824

Darmawani, E. (2018). Metode Ekspositori Dalam Pelaksanan Bimbingan Dan Konseling Klasikal. Jurnal Wahana Konseling, 1(2), 30. https://doi.org/10.31851/juang.v1i2.2098

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Kaprinaputri, A. P. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1), 10–15. https://doi.org/10.21009/JIV.0801.2

Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i2.74

Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504

Layn, M. R., & Kahar, M. S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN).

Linola, D. M., Marsitin, R., & Wulandari, T. C. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita di SMAN 6 Malang. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 27–33. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.2003

Ma’ruf, A. H. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Metode Problem Posing Dan Metode Ekspositori SMA N 58 Jakarta. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 10(1).

Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Supremum Journal of Mathematics Education, 6(1).

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Nurmawati, T., Sari, Y. K., & Setyaningsih, M. (2018). Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Metode Ekspositori tentang Meal Planning terhadap Pola Makan Pasien DM Tipe 2. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 5(3), 257–262. https://doi.org/10.26699/jnk.v5i3.ART.p257-262

Oktaviandy Mangelep, N., Mahniar, A., Nurwijayanti, K., Yullah, A. S., & Lahunduitan, L. O. (2024). Pendekatan Analisis Terhadap Kesulitan Siswa Dalam Menghadapi Soal Matematika Dengan Pemahaman Koneksi Materi Trigonometri. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(2).

Rachmawati, T. K. (2018). Pengaruh Metode Ekspositori Pada Pembelajaran Matematika Dasar Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 51. https://doi.org/10.30734/jpe.v5i1.130

Ragin, G., & Refando, A. (2020). Implementasi Strategi Pembelajaran Ekspositori untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Pandawa : Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2.

Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5).

Sari, M., & Nucifera, P. (2023). Effectiveness Using Expository and Inquiry Learning Method’s on Students’ Ability Text Story. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 68–76. https://doi.org/10.30998/jh.v7i1.1221

Srirahmawati, I. (2021). Peran Guru Sebagai Fasilitator dalam Mengasah Penalaran Matematika Siswa SDN 29 Dompu Tahun Pembelajaran 2020/2021. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(2), 114–123. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i2.40

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3).

Vivitri, M., & Sunardi, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dengan Mengoptimalkan Metode Ekspositori Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 4(2), 152–163. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v4i2.2898

Woli, R. T., Ewol, N. S., Dhone, M. V., Jebabun, F., Liu, S. L. N., & Fono, Y. M. (2023). Pengaruh Metode Ekspositori Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan Anak, 2(1), 129–132. https://doi.org/10.38048/jcpa.v2i1.1616

Zahrah, R. F., & Febriani, W. D. (2021). Kepercayaan Diri Siswa Berpengaruh terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1219

Zahrah, R. F., & Herman, T. (2016). Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Masalah Kontekstual Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(2), 119–126. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i2.4229

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Mustajab, A., Julyanto, Y., & Sapitri, Y. (2024). Efektivitas Metode Ekspositori Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Cerita Matematika Siswa Kelas III: indonesia. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2). Retrieved from https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/305