Pengembangan LKPD Kurikulum Merdeka Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Perbandingan
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i2.304Keywords:
pengembangan, LKPD, kurikulum merdeka, pendekatan kontekstual, perbandinganAbstract
Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menguraikan proses pengembangan, validitas, serta kepraktisan dari lembar kerja peserta didik (LKPD) Kurikulum Merdeka yang mengadopsi pendekatan kontekstual terkait materi perbandingan. Metode yang diterapkan ialah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model Plomp. Model Plomp meliputi beberapa fase, yaitu fase investigasi awal, fase desain, fase realisasi/konstruksi, dan fase tes, evaluasi, dan revisi. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi serta lembar kepraktisan. Validitas dinilai oleh tiga orang validator yang meliputi seorang dosen pendidikan matematika sebagai ahli materi, seorang guru matematika sebagai ahli media, dan seorang guru matematika sebagai ahli kurikulum. Kepraktisan dinilai oleh 28 peserta didik dan seorang guru yang mengajar materi perbandingan ini. LKPD Kurikulum Merdeka mencapai skor validitas rata-rata 92,32% yang dikategorikan “sangat valid”. Sedangkan tingkat kepraktisan LKPD Kurikulum Merdeka mencapai rata-rata skor 89,68% yang tergolong “sangat praktis”. Temuan penelitian ini menghasilkan bahwa LKPD Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan kontekstual pada materi perbandingan telah memenuhi standar validitas serta kepraktisan.
References
Afdillah, A., Ambarini, T., Rinaldi, R. M. F., Izzati, N., & Putri, N. D. (2023). Pengembangan Lkpd Elekronik Interaktif Dengan Pendekatan Problem Based Learning Pada Materi Peluang Kelas X. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–9.
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Perbandingan dan Skala terhadap Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 347–358. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i2.748
Aminah, Suwarno, & Adinda, A. (2023). Analisis Berdasarkan Tahapan Kastolan: Bagaimana Kesalahan Siswa Reflektif dan Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Eksponen? ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 1–10.
Ariyanti, I., & Yunus, M. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru SMP dalam menggunakan Liveworksheets. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1397–1407.
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 8(1), 16–21. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v8i1.239
Choirudin, C., Anwar, M. S., & Khabibah, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Solving. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.3590
Darmawan, O. M., Syofni, & Sakur. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Model Problem Based Learning pada Materi Perbandingan untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Fase D. 6(2), 884–896. https://doi.org/10.21009/03.1201.pf36
Enha, G. M., & Sutarto, H. (2024). Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual dengan Model Pembelajaran Generatif pada Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 7, 793–800. https://proceeding.unnes.ac.id/prisma
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Gusteti, M. U., & Neviyarni, N. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Pembelajaran Matematika Di Kurikulum Merdeka. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3), 636–646. https://doi.org/10.46306/lb.v3i3.180
Irawati, A. E., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika pada Materi Perbandingan Berbasis Android. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3148–3159. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.467
Jannah, S. N. (2023). Penerapan metode pembelajaran dalam kurikulum merdeka di madrasah. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 2, 344–348.
Kholida, A., Susanti, D., Jamiludin, M. F., & ... (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Panti Jember. Aritmatika …. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/294%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/294/55
Lubis, M. U., Siagian, F. A., Zega, Z., Nuhdin, & Nasution, A. F. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21 dalam Pendidikan. Education and Learning Journal, 1(January), 106–113. https://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/
Mufidati, D., & Mukhlis, M. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691
Norhaliza, Nurmeidina, R., & Djamilah, S. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Banjar Materi Segiempat dan Segitiga. 2018(2083), 2141–2159.
Nurmeidina, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Pendekatan Kontekstual Bermuatan Nilai Karakter. THETA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 22. https://doi.org/10.35747/tetha.v1i1.255
Raharjanti, M., Nusantara, T., & Mulyati, S. (2016). Kecermatan Siswa Mengamati Kata Kunci Pada Soal Cerita Materi Perbandingan Berbalik Nilai. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 428–433. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i3.6169
Relia, L. (2016). Keterkaitan antara Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika dengan Model Pembelajaran Kreatif, Inovatif, dan Produktif (KIP). PRISMA(Prosiding Seminar Nasional Matematika), 97–103.
Rosmiati, R., Anwar Hadi Firdos Santosa, C., Sultan Ageng Tirtayasa, U., & Author, C. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Serang. Jurnal Penelitian Matrematia dan Pendidikan Matematika, 6(2), 132–140. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2752
Sakdiyah, H., & Annizar, A. M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pantai Puger pada Materi Perbandingan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.69
Selman, Y. F., & Jaedun, A. (2020). Evaluation of The Implementation of 4C Skills in Indonesian Subject at Senior High Schools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 244–257. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i2.23459
Suastika, I. ketut, & Rahmawati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 58. https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230
Syarif, A. F., Mania, S., Ika, A., Abrar, P., Nur, F., Matematika, S. P., Tarbiyah, F., Uin, K., Makassar, A., & Yasin, J. H. M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Model Kooperatif Think Pair-Share Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i2.2845
Utari, R. S., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2015). Konteks Kebudayaan Palembang untuk Mendukung Kemampuan Bernalar Siswa SMP pada Materi Perbandingan. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 27–37. https://jurnal.usk.ac.id/DM/article/view/2847
Widyasari, W., & Yaumi, M. (2014). Evaluasi Program Pendampingan Guru SD dalam Implementasi Kurikulum 2013. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(2), 281–295. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n2a10
Zulkarnain, I., & Djamilah, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair and Share terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.635
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fitriah, Soraya Djamilah, Rahmatya Nurmeidina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.