Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Panti Jember

Authors

  • Annisaul Kholida Universitas Jember
  • Dwi Susanti Universitas Jember
  • Moch. Fauzi Jamiludin Universitas Jember
  • Sunardi Universitas Jember
  • Ervan Yudianto Universitas Jember
  • Nurcholif Diah Sri Lestari Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.294

Keywords:

kurikulum merdeka, pembelajaran berdiferensiasi , implementasi pembelajaran berdiferensiasi , matematika , ipa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil temuan terkait implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di SMPN 1 Panti Jember. Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif digunakan. Instrumen yang digunakan yaitu pedoman wawancara tidak terstruktur. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, hasil kajian, dan buku model pengembangan pembelajaran berdiferensiasi. Analisis data dilakukan menggunakan model analisis Miles, yang terdiri dari tiga tahapan: pengumpulan data, verifikasi, dan pengambilan kesimpulan melalui penelitian dan wawancara yang dilakukan secara menyeluruh. Hasil penelitian: 1. Perencanaan pembelajaran diferensiasi yang dilakukan oleh guru matematika dan IPA dilakukan dengan melakukan asesmen diagnostik kognitif untuk melakukan pemetaan sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang kemudian dijadikan acuan dalam merancang perangkat pembelajaran berdiferensiasi. 2. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan dengan menggunakan aspek konten, proses, dan produk yang berdasar pada gaya belajar peserta didik. 3. Evaluasi dan tindak lanjut dilakukan dengan melakukan refleksi dan sharing dengan pendidik lain dan selalu melakukan perbaikan untuk perangkat pembelajaran berdiferensiasi untuk pertemuan selanjutnya dan melakukan pendalaman materi terkait cara implementasi pembelajaran berdiferensiasi

References

Arianda, T., Mas’ula, D., Femelia, I., & Mukhlis, M. (2021). Efektifitas Media Quiz di Masa Pandemi Covid-19. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 79-86.

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., & Toharudin, T. (2021, December). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Indonesia. In E-Prosiding Seminar Nasional Statistika| Departemen Statistika FMIPA Universitas Padjadjaran (Vol. 10, pp. 27-27).

Elviya, D. D., & Sukartiningsih, W. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas IV sekolah dasar di SDN Lakarsantri I/472 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(8), 1780-1793.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal basicedu, 6(2), 2846-2853.

Fauzia, R., & Ramadan, Z. H. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608-1617

Handayani, U. F. (2021). Komunikasi matematis siswa dalam memecahkan masalah aljabar tarik tambang. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 67-78.

Huberman, M. B. M. A. M. (2014). Analisis data kualitatif: buku sumber tentang metode-metode baru. UI Press.

Huda, N. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52–75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Jayanti, S. D., Suprijono, A., & Jacky, M. (2023). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 22 Surabaya. Edukasia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 561-566.

Kemdikbudristek, P. (n.d). Kebijakan kurikulum untuk pemulihan pembelajaran setalah pandemi.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Modul Ajar Pemebelajaran Berdiefernsiasi.

Kritiani, H., Susanti, E.I., Purnamasari, N., Purba M., Saad, M. Y., Anggaeni. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) Pada Kurikulum Fleksibel Sebagai Wujud Merdeka Belajar Di SMPN 20 Kota Tanggerang. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum dan asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Lamadang, K. P. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar. Kompasiana, 7(2), 1. https://www.kompasiana.com/karmilamila5520/628ecee053e2c33ffa57aa62/analisis-kurikulum-merdeka-belajar

Lestari, E. (2022). Mengatasi Minat Belajar Peserta Didik yang Rendah dalam Mata Pelajaran Sejarah dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh: Journal of Education, 2(1), 1–4.

Miqwati, Euis Sulsiolowati, Jounjti M. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 30–38. https://doi.org/10.33830/penaanda.v1i1.4997

Naibaho, D. P. (2023). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik. Journal of Creative Student Research, 1(2), 81-91

Purnawanto, A. T. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Pedagogy, 16(1), 34-54.

Rahmawati, A., Parji, P., & Dewi, C. (2023). Persepsi guru tentang kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) sebagai penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada kurikulum merdeka era digital. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 990–996.

Sanjaya, A. I., & Pratama, S. R. R. (2021). Problematika Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa di Kelas pada Pembelajaran Matematika. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 47-56.

Santika, I. G. N., Suarni, N. K., & Lasmawan, I. W. (2022). Analisis perubahan kurikulum ditinjau dari kurikulum sebagai suatu ide. Jurnal Education and development, 10(3), 694-700.

Saputra, M. A., & Marlina, M. (2020). Efektivitas Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Berkesulitan Belajar. Pakar Pendidikan, 18.Septianti, N., & Afiani, R. (2020).

Sukmawati, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 121-137

Suwarno, S., Nusantara, T., Susiswo, S., & Irawati, S. (2022). The decision making strategy of prospective mathematics teachers in improving LOTS to be HOTS problem. International Journal of Nonlinear Analysis and Applications, 13(1), 1613-1627.

Wahyuningsari, D., Mujiwati, Y., Hilmiyah, L., Kusumawardani, F., & Sari, I. P. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Rangka Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 529–535. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.301.

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(2), 365-379.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Kholida, A., Susanti, D., Fauzi Jamiludin, M., Sunardi, Yudianto, E., & Sri Lestari, N. D. (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Panti Jember. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 93–105. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.294