Relevansi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Pelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Merdeka

Authors

  • Khusnul Hotimatus Agustina Universitas Jember
  • Moh. Abqoriyun Nabighul Fahmi Universitas Jember
  • Zulfi Nayyiroh Universitas Jember
  • Erfan Yudianto Universitas Jember
  • Nurcholif Diah Sri Lestari Universitas Jember
  • Sunardi Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.293

Keywords:

kurikulum merdeka, model pembelajaran, pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan bagaimana relevansi penerapan model pembelajaran terhadap pelajaran matematika dalam Kurikulum Merdeka. Peneliti melakukan wawancara dengan beberapa guru matematika MTsN 1 Jember yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka pada siswa kelas 7 dan 8 sejak tahun 2022. Berdasarkan hasil wawancara, informan menyampaikan bahwa di sekolah tersebut telah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Project Based Learning (PJBL) dan Discovery Learning yang disesuaikan dengan karakteristik siswa, sehingga model pembelajaran yang digunakan relevan dengan pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka ini salah satu kebijakan baru yang dibuat oleh kementerian pendidikan, tujuannya guna membuat pembelajaran lebih kreatif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam konteks ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil studi menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dalam menggunakan model pembelajaran saat proses belajar-mengajar berlangsung dan siswa lebih mudah dalam memahami pembelajaran matematika yang disampaikan oleh guru. Kurikulum Merdeka ini juga memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada sekolah dalam merancang Kurikulum Merdeka yang berfokus pada pengembangan karakter, peningkatan kreativitas, pemberdayaan sekolah dan persiapan untuk masa depan siswa. Sehingga kurikulum Merdeka memiliki relevansi yang signifikan dalam menghadapi tantangan pendidikan masa kini dan masa depan.

References

Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Arsyad, M., & Fahira, E. F. (2023). Model Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. Prosiding Konferensi 1–23.

Barus, D. R. (2019). Model–Model Pembelajaran Yang Disarankan Untuk Tingkat Smk Dalam Menghadapi Abad 21. Universitas Negeri Medan, 1–13. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38932

Berliani, D., & Asmarani, D. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa MTs pada Materi Lingkaran. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 89–94.

Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10–19. http://jmie.iainjambi.ac.id

Hermiati, K., & Julianti, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Visual-Spatial Siswa Dalam Pembelajaran Transformasi Geometri. ARITMATIKA: Jurnal Riset …, 4(2), 96–106. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/257%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/257/46

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). STUDI LITERATUR : PROBLEMATIKA EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI TUJUAN. KONFERENSI ILMIAH PENDIDIKAN UNIVERSITAS PEKALONGAN, 10–15. https://doi.org/https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

M. A. Rokhimawan, Jami Ahmad Badawi, & Aisyah, S. (2022). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Tingkat SD/MI. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 2077–2086. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2221

Mariatul Hikmah. (2022). Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan. Al-Ihda’ : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 15(1), 458–463. https://doi.org/10.55558/alihda.v15i1.36

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora), 5(1), 72. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Muh. Akib D. (2021). Beberapa Pandangan Tentang Guru Sebagai Pendidik. AL-ISHLAH Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 75–98. https://doi.org/10.24252/lp.2007v10n1a2

Nasution, T., Khoiri, N., Firmani, D. W., & Rozi, M. F. (2022). Perbedaan Sistem Kurikulum Pendidikan Anggota Asean, Indonesia dan Singapura. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 1847–1958. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4971

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Ningrum, A. S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar (Metode Belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166–177. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.186

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Riba’ah, R. Z., & Kholil, M. (2020). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Apos Ditinjau dari Tipe Kepribadian David Keirsey. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 96–104. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i2.13

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Raja Grafindo Persada.

Salam, R. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran IPS. Harmony, 2(1), 7–12. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/issue/view/1203

Sani, R. A. (2013). INOVASI PEMBELAJARAN (Y. S. Hayati (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Siagian, R. E. F., & Werdiningsih, C. E. (2023). Pengaruh model student facilitator and explaning terhadap penalaran matematis matakuliah pengatar dasar matematika. ARITMATIKA, 4(2), 117–128.

Sriyatno. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar. SHEs: Conference Series, 3(4), 955–961.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wahyuni, I., Rahman, A. K., & Eko Prastya Hatiningwan. (2023). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP DASAR MATEMATIKA PADA SISWA SMP/MTs. ARITMATIKA, 4(2), 129–144. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/278%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/278/49

Widayati, E. W. (2022). P Pembelajaran Matematika di Era “Merdeka Belajar”, Suatu Tantangan bagi Guru Matematika. Sepren, 4(01), 01–10. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i01.770

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Khusnul Hotimatus Agustina, Moh. Abqoriyun Nabighul Fahmi, Zulfi Nayyiroh, Yudianto, E. ., Nurcholif Diah Sri Lestari, & Sunardi. (2024). Relevansi Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Pelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum Merdeka. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 26–38. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.293