ANALISIS BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN : BAGAIMANAKAH KESALAHAN SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN ?

Authors

  • Suwarno Suwarno UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Aminah Aminah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
  • Anita Adinda UIN Syahada Padangsidempuan

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.276

Keywords:

Soal Eksponen, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Tahapan Kastolan

Abstract

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan profil kesalahan siswa dengan gaya kognitif reflektif dan impulsif dalam menyelesaikan soal eksponen berdasarkan tahapan Kastolan. Beberapa peneltian tentang analisis kesalahan sudah dilakukan oleh peneliti sebelumnya, akan tetapi belum ada yang secara spesifik ditinjau berdasarkan gaya kognitif. Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif NU Jenggawah Jember pada kelas X B dengan 20 siswa, subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan pendekatan bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Gaya kognitif ditentukan menggunakan Matching Familiar Figures Test (MFFT). Data dikumpulkan melalui tes penyelesaian soal eksponen matematika dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan Huberman dengan triangulasi waktu dan teknik untuk kesalahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergaya kognitif reflektif dan impulsif menunjukkan perbedaan dalam kesalahan menyelesaikan soal matematika. Siswa bergaya kognitif reflektif cenderung melakukan kesalahan tahapan kastolan dengan kesalahan prosedural, sedangkan siswa bergaya kognitif impulsif cenderung melakukan kesalahan konseptual, prosedural, dan teknik. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif cenderung melakukan lebih banyak kesalahan dalam menyelesaikan soal dibandingkan siswa bergaya kognitif reflektif.

References

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Berpikir Kreatif Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. urnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(2), 194. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.35

Erviandita, S., Pramasdyahsari, A. S., & Wulandari, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Eksponen Berdasarkan Teori Kastolan Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.15408/ajme.v5i1.31685

Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal Lemma, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383

Handayani, U. F. (2023). Kemampuan Geometri Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Berdasarkan Teori Van Hiele. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1–17.

Hayuningrat, S., & Listiawan, T. (2018). Proses Berpikir Siswa dengan Gaya Kognitif Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Generalisasi Pola. Jurnal Elemen, 4(2), 183. https://doi.org/10.29408/jel.v4i2.752

Kurniawati, E., Dwijayanti, I., & Aini, A. N. (2021). Profil Kesalahan Siswa Dalam Penyelesaian Masalah Matematika Berdasarkan Newman’s Error Analysis (Nea) Ditinjau Dari Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 6(1), 48–57.

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 107–123. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Mehrens, W. A., & Lehmann, I. J. (1991). Measurement and evaluation in education and psychology (4th ed). Holt, Rinehart and Winston.

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1), 77–100. https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Rahmatina, S., Sumarmo, U., & Johar, R. (2014). Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1).

Retna, M., & Mubarokah, L. (2013). Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika. 1(2).

Styoningtyas, B., & Mirza Hariastuti, R. (2020). Analisis Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif-Impulsif. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(1), 9–16. https://doi.org/10.5281/ZENODO.3742831

Utami, N. A. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Vektor Kelas X Sma Negeri 1 Ampek Angkek. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika, 10(1), 79–84.

Wahyuddin, W., & Ihsan, M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makakassar. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2213

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Suwarno, S., Aminah, A. ., & Adinda , A. . (2023). ANALISIS BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN : BAGAIMANAKAH KESALAHAN SISWA REFLEKTIF DAN IMPULSIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN ? . ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 107–116. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.276