ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATERI SPLTV
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v5i1.270Keywords:
Difficulty Analysis, Problem Solving, SPLTV, Story ProblemsAbstract
Penelitian ini berfokus untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis pemecahan masalah pada materi SPLTV. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa soal tes dan wawancara. Tes tulis terdiri dari 2 soal cerita berbasis pemecahan masalah materi SPLTV. Data hasil pengerjaan siswa dikoreksi dan dianalisis. Hasil pekerjaan siswa dianalisis, dan dievaluasi. Peneliti mengelompokkan siswa berdasarkan hasil analisis, membedakan antara siswa yang mengalami kesulitan dan yang tidak. Siswa yang mengalami kesulitan umumnya melakukan sejumlah kesalahan. Setelah itu, kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dianalisis berdasarkan hasil tes yang mereka kerjakan. Langkah selanjutnya melibatkan wawancara guna memperkuat informasi yang rinci tentang kesulitan yang dihadapi siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator pemecahan masalah yang digunakan yaitu menurut Polya. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita berbasis pemecahan masalah pada materi SPLTV yaitu kesulitan dalam memahami masalah berupa asumsi siswa yang tidak perlu menuliskan unsur diketahui dan ditanya, kesulitan dalam membuat rencana berupa kurang memahami masalah pada tahap sebelumya, kesulitan dalam melaksanakan rencana siswa keliru dalam melaksanakan rencana karena kurang teliti, dan kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban siswa beranggapan bahwa tahap melaksanakan rencana berupa tahap akhir dari penyelesaian masalah serta jarang diberikan soal berbasis pemecahan masalah.
References
Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika topik pecahan ditinjau dari gender. JTAM : Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122. https://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam/article/view/713/622
Argarini, D. F. (2018). Analisis pemecahan masalah berbasis polya pada materi perkalian vektor ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(1), 91–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33477/mp.v6i1.448
Aulia, L. I., & Murtiyasa, B. (2023). Analisis profil metakognisi siswa dalam pemecahan asalah matematis ditinjau dari gender pada pembelajaran matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(02), 1545–1557. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2302
Berliani, D., & Asmarani, D. (2022). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa MTs pada materi lingkaran. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 89–94. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.93
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel berdasarkan prosedur kesalahan Newman. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(1), 632–642. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Fatkhurrohman, L., Parta, I. N., & Irawati, S. (2021). Kemampuan memeriksa kembali ( looking back ) Siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(6), 940–946. https://doi.org/https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/14892
Fauziah, S., & Wahid, S. (2021). A Development of teaching resources : based on West Java Ethnomathematics for Grade 7 Middle School students a introduction. International Journal of Education and Humanities (IJEH), 1(2), 64–73. http://i-jeh.com/index.php/ijeh/index
Kraeng, Y. F. L. M., Rahaju, & Murniasih, T. R. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi Statistika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI, 5(1), 72–80. https://doi.org/https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh ketelitian membaca soal cerita terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. JKPM : Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 4(2), 179–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189
Mardhiyah, N., Nabilah, N. A., Ibad, K., Al, A., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.10
Mufidati, D., & Kholil, M. (2021). Pengembangan modul matematika berbasis masalah dalam menumbuhkan kemampuan penalaran siswa pada mater perbadingan kelas VII. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62
Panjaitan, S., Sitepu, C., Manik, V. V., Keliat, A., Naibaho, M., Dalimunthe, R., & Siregar, C. (2022). Analisis kesulitan peserta didik menyelesaikan soal cerita pada materi perbandingan kelas VII UPT SMP Negeri 37 Medan. SEPREN : Journal of Mathematics Education and Applied, 03(02), 114–123. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/709
Rahma, S., Fadilah, N., Ratnaningsih, N., & Prabawati, M. N. (2022). Analisis kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari kecerdasan linguistik. Jurnal Kongruen, 1(2), 182–188. https://publikasi.unsi.ac.id/index.php/kongruen
Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear dengan prosedur Newman. Jurnal Elektrik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050
Ramadhan, F. A., & Hidayah, N. (2022). Penggunaan strategy Diskursus Multy Representation ( DMR ) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 75–88. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.107
Saputri, R. A. (2019). Analisis pemecahan masalah soal cerita materi perbandingan ditinjau dari aspek merencanakan Polya. Wacana Akademika, 3(1), 21–38. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/wa.v3i1.3267
Setyawan, D., & Siswono, T. Y. E. (2020). Proses memeriksa kembali dalam memecahkan masalah kontekstual matematis ditinjau dari gaya belajar. Mathedunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 9(2), 455–460. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n2.p455460
Widiazizah, I., Fatah, A., Rahayu, I., & Pedagogical, T. (2022). Pengembangan E-Modul berbasis Techological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113
Yuwono, T., Supanggih, M., Ferdiani, R. D., Matematika, J. P., Kanjuruhan, U., Jl, M., & Malang, S. S. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan prosedur Polya. E-Journal UIN SATU Tulungagung, 1(November), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Fina Lutpiani Thohari, Nani Ratnaningsih, Diar Veni Rahayu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.