ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR VISUAL-SPATIAL SISWA DALAM PEMBELAJARAN TRANSFORMASI GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i2.257Keywords:
Kemampuan Visual-Spasial, Siswa, Transformasi GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir visual spasial siswa dalam memahami materi transformasi geometri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu proses penyelidikan (question/investigation) untuk memahami suatu subjek, untuk memperoleh data, informasi dan teks opini dari responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan visual spasial siswa masih kurang terutama pada indikator pengkonsepan. Siswa lebih cenderung pada indikator pengimajinasian kemampuan visual spasil. Tingkat kemampuan visual-spatial thinking siswa secara keseluruhan pada materi transformasi geometri berada pada kategori sedang dengan indikator pengimajinasian yang lebih dominan dimiliki oleh siswa, sedangkan untuk indikator pengkonsepan, pemecahan masalah dan pencarian pola masih kurang. Kemampuan visual-spatial thinking siswa masih rendah. Siswa masih kesulitan dalam memecahkan pertanyaan ini berkaitan dengan materi transformasi geometri yaitu translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Kemampuan berpikir visual-spasial merupakan kompetensi yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran transformasi geometri, salah satu penyebab rendahnya hasil belajar geometri adalah rendahnya kemampuan berpikir visual-spasial. Siswa harus terus dilatih dalam kemampuan berpikir visual-spatial kerena dengan kemampuan ini siswa mampu menyelesaikan soal dengan baik. Siswa harus dapat memenuhi indikator pencapaian pada kemampuan berpikir visual-spatial.
References
Di, Z., Persiapan, S. M. A., Perangin-angin, D. S., & Khayroiyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Visualization Siswa Pada Materi Geometri Transformasi Menggunakan Aplikasi. 8(2), 389–398.
Fadilah, N., Andalas, U., Septi, D., & Afifah, N. (2014). Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Smp Dalam Memahami Bangun Ruang Ditinjau Dari Perbedaan Kemampuan Matematika ( Visual-. September.
Harnum, T. S. (2022). Nthinking, Analisis Kemampuan Visual-Spatial Geometri, Siswa Sma Pada Materi Transformasio Title. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Hermiati, K., Suprihatiningsih, S., Annurwanda, P., Studi, P., Matematika, P., Matematika, M. P., & Geometri, T. (n.d.). Visual Thinking Ability of Mathematics Education Students on Geometry Transformation Learning Material. 84–91.
Karolina, L. (2018). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Melalui Kegiatan Menggambar Di Tk Sepakat Kecamatan Talo. Skripsi Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri Bengkulu.
Librianti, V. D. (2015). Kecerdasan Visual Spasial dan Logis Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 10 Jember (Visual Spatial and Logical Mathematical Intelligence in Solving Geometry Problems Class VIII A SMP Negeri 10 Jember). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7.
Melinda, S. D. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Spasial Materi Geometri Di Sma Muhammadiyah 1 Purbalingga. Journal of Mathematics Education, 3(1), 35.
Ms, S. R., Darmawan, P., & Prayekti, N. (2019). Kemampuan Visual Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Kubus PENDAHULUAN Pentingnya geometri untuk dimaksimalkan Matematika merupakan salah satu ilmu dalam penyelesaian masalah visual , pasti yang menjadi tumpuan bagi ilmu lain . memerlukan . 99–106.
Parinduri, I., Hutagalung, S. N., & ... (2021). Pembelajaran Visiualisasi Matematika Menggunakan Software Geogebra Bagi Siswa/I SMP Citra Harapan Percut. Jurnal ABDIMAS …, 2(1), 46–51.
Setiyawan, Y. (2017). Creative Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. 1999, 1–14.
Subakti, M. P., & Listiani, T. (2022). Penggunaan Geogebra Dalam Mengembangkan Kemampuan Visual Thinking Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring [Using Geogebra To Develop Students’ Mathematical Visual Thinking Ability in Online Mathematics Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 157. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2823
Subroto, T. (2016). Kemampuan spasial (Spatial Ability). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, STKIP Sebelas April Sumedang, April 2012, 252–259.
Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.349
Surya, E. (2012). Peningkatan Reptesentasi Visual Thingking Matematika SIswa SMPN 11 Medan dengan Melatih Keterampilan Menggambar dan Pendekatan Kontekstual. Peningkatan Representasi Visual Thinking Matematika Siswa Smpn 11 Medan Dengan Melatih Ketrampilan Menggambar Dan Pendekatan Kontekstual, 1–11.
Surya, E. (2017). Membangun Kemampuan Visual Thinking Dalam Pembelajaran Matematika OLEH : NIM Mata Kuliah : Juli Mania Sembiring : Dr . Edy Surya , M . Si : Arah Kecenderungan dan Isu dalam Pendidikan Matematika. December.
Wahyuni, A., & Lestari, P. (2023). Smart Apps Creator ( SAC ) Assisted Comic Media Development in Optimizing Visual Spatial Intelligence Introduction The educational process cannot be separated from the learning process . The teacher ’ s learning process provides knowledge as a provision f. 9(May), 1–15.
Yaniartini, Y., Hartoyo, A., & Hamdani, H. (2019). Kemampuan Visual Thinking Dalam Translasi Representasi Materi Perbandingan Trigonometri Siswa Sma Negeri 5 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan …, 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Konstantia Hermiati, Anggelina Julianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.