PENGEMBANGAN LKPD ELEKRONIK INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X

Authors

  • Afdillah Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Tasya Ambarini Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Raja Muhammad Fadli Rinaldi Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Nur Izzati Universitas Maritim Raja Ali Haji, Tanjungpinang
  • Nurul Dwi Putri SMA Negeri 2 Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.238

Keywords:

e-LKPD, Problem Based Learning, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) interaktif dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang kelas X yang layak untuk digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 4 tahapan meliputi Analysis, Design, Development, Implementation. Kualitas e-LKPD ditinjau dari penilaian ahli materi, ahli media dan respon peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket ahli materi, angket ahli media, dan angket respon peserta didik. E-LKPD ini diujicobakan di kelas X.5 SMA Negeri 2 Tanjungpinang dengan subjek sebanyak 36 peserta didik. E-LKPD yang dikembangkan memuat aktivitas pembelajaran sesuai dengan langkah Problem Based Learning (PBL), menyajikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, dan dapat digunakan dalam pembelajaran online. Di tinjau dari aspek materi, e-LKPD ini dinilai baik dengan hasil persentase yang diperoleh sebesar 82,2% dengan kategori valid. Ditinjau dari aspek media, e-LKPD ini dinilai baik dengan hasil persentase yang diperoleh sebesar 97,14% dengan kategori sangat valid. Respon peserta didik terhadap penggunaan e-LKPD ini termasuk pada kategori praktis dengan skor rata-rata persentase sebesar 75,69%. Dapat disimpulkan bahwa lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) interaktif dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL) pada materi peluang kelas X layak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika.

References

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Depdiknas. (2004). Pedoman Umum Pengambangan Bahan Ajar Sekolah Mengah Atas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Husna, N. H., Marzal, J., & Yantoro, Y. (2022). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2085. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4914

Indrianti, N., Izzati, N., & Fera, M. (2022). E-Modul dengan Konteks Kemaritiman Berbantuan Software Sigil pada Materi Barisan dan Deret Aritmatika Kelas XI SMK. Student Online Journal (SOJ) UMRAH-Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 844–852. https://soj.umrah.ac.id/index.php/SOJFKIP/article/view/1649

Kamal, I., Firmansyah, E. A., Rafiah, K. K., Rahmawan, A. F., & Rejito, C. (2020). Pembelajaran di Era 4.0. November, 265–276.

Kamila, O. (2022). Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Menggunakan Wizer.Me Materi Peluang Kelompok Matematika Wajib Kelas Xii Ma Annur Rambipuji. Pengembangan Electronic Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Menggunakan Wizer.Me Materi Peluang Kelompok Matematika Wajib Kelas Xii Ma Annur Rambipuji.

Kiki Herdiansyah. (2018). Dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jurai Siwo Metro. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(6), 1–7.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Muchtar, F. Y., Nasrah, N., & Ilham S, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Presenter untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5520–5529. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1711

Naikofi, W. U., Enawaty, E., Sartika, R. P., Sahputra, R., & Muharini, R. (2022). Pengembangan Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Materi. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 212–220. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i3.1707

Purwasih, R., & Kusumah, Y. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Materi Pecahan Berbasis Android. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 806. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4713

Riduwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabet.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabet.

Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4025–4035. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844

Wahyuni, D. A. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia pada Materi Peluang untuk Siswa Kelas XI. Skripsi, 1–126.

Widiazizah, I., Fatah, A., & Rahayu, I. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge ( Tpack ) Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. ARITMATIKA : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107.

Yanti, F., Nurva, M. S., & Fikriani, T. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1743–1751. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2132

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Afdillah, Ambarini, T., Rinaldi, R. M. F., Izzati, N., & Putri , N. D. . (2023). PENGEMBANGAN LKPD ELEKRONIK INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 37–51. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.238