PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA TERINTEGRASI KEISLAMAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE 3 PADA MATERI BILANGAN BULAT DI SMPN 01 MAESAN
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v4i1.231Keywords:
Android uses Articulate Storyline, Integer, Learning MediaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk yang valid untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3, 2) menghasilkan produk yang praktis untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3, 3) menghasilkan produk yang efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3. Penelitian ini adalah peneitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model penelitian Borg & Gall. Tahap research and information collecting melakukan pemilihan sekolah, pemilihan materi dan analisi kebutuhan. Tahap planning melakukan perancangan media pembelajaran beserta instrumen penelitian..Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 4,91 dengan kategori “sangat baik/sangat valid”.Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 84,96% dari seluruh aspek dengan kategori “sangat kuat” dan respon guru sebesar 98,67% dengan kategori “sangat kuat”. keefektifan media dilihat dari persentase ketuntasan posttest siswa secara klasikal sebesar 91,23% dengan kategori “sangat efektif” yang berarti bahwa media pembelajaran interaktif matematika android menggunakan Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian media pembelajaran interaktif matematika android menggunakan Articulate Storyline 3 dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.
References
Adiwijaya M., Iman S.K., Christyono Y. “Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2.” Jurnal Teknik Elektro 4, no 1 (2015): 128-133.
Ajat Rukajat. Manajemen Pembelajaran. Yogjakarta: Deepublish, 2018.
Ali, Muhammad. Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Jakarta :Imperal Bhakti Utama, 2009.
Alizamar. Teori Belajar dan Pembelajaran: Implementasi dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Peguruan Tinggi. Yokyakarta: Media Akademi, 2016.
Alizamar. Teori Belajar dan Pembelajaran; Implementasi dalam Bimbingan Kelompok Belajar di Peguruan Tinggi.
Amiroh. Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Jombang: Pustaka Ananda SRVA, 2020.
Apriyono, F. (2016). Profil kemampuan koneksi matematika siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari genjer. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 5.2 159-168
Arwanda P., Irianto S., Andriani A. “Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi Peserta Didik Abad 21 Tema 7 Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 4, no 2 (2020): 193-204.
Azhar, Arsyad. Media Pembelajaran. Jakarta : Grafindo Persada, 2002.
Basarahil, Muhammad Bin Muksin. “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Negeri 2 Situbondo.” Skripsi, UIN KHAS Jember, 2022.
Daryanto. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogjakarta: Gava Media, 2010.
Departemen Agama Republik Indonesia. Alqur’an dan Terjemahan. Semarang: Toha Putra, 1989.
Dewi, Rosario Litani. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial Menggunakan Articulate Storyline untuk Memfasilitasi Pemebelajaran yang Menerapkan Metode Montessori di SMP Kalyca Montessori Yogjakarta.” Skripsi, Universitas Sanata Dharma, 2021.
Esa Nurwahyuni, Baharuddin. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Ar-Ruz Media, 2015.
Esha, M. Institusional Transformation. Malang : UIN Maliki Press, 2009.
Hambali. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Sedia, 2008.
Haryono, Nugraheni Dinasari. Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Koperasi Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri Tegalpanggung Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi tidak titerbitkan, 2015.
Hasan, Iqbal. Analisis Penelitian Dengan Statistik.. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014.
Hidayat, Muhammad Arif. The Evaluation of Learning (Evaluasi Pembelajaran) Medan: Perdana Publishing, 2017.
Hobri, Masrurotullaily, Suharto. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Keuangan Berdasarkan Model Polya Siswa Smk Negeri 6 Jember,” Kadikma Vol 5 no. 2 (2013): 129-138.
Kuntowijoyo. Penerapan pendekatan matematika akhlak berbantuan media kartu kaligrafi untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah, 2018.
Kustiono. Media Pembelajaran: Konsep, Nilai Edukatif, Klasifikasi, Praktek Pemanfaatan Dan Pengembangan.
Mukhlis, M., & Tohir, M. (2020). Instrumen Pengukur Creativity And Innovation Skills Siswa Sekolah Menengah di Era Revolusi Industri 4.0. Indonesia Journal Of Mathematics and Natural Science Educatioan.65-73
Musfiqon. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka, 2012.
Putra, Nusa. Research and Develophment Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2015.
Rahim, A., & Inayati, F. (2023). Religious Conversion in Marginalized Communities in the Perpective of Islamic Education Values. Journal of Islamic Education Research 4.1 33-40
Salamah. “Penelitian Teknologi Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Matematika 15, no. 2 (2009): 157-165.
Sekretariat Negara Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Siagian Daut Muhamad. “Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Matematika.” Jurnal of Mathematics Education and Science 2, no.1 (2013), 57.
Sri Hastuti. Strategi Pembelajaran Matematika. Yogjakarta: Matematika, 2017.
Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kulitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suhartono. Handphone sebagai Media Pembelajaran. Telaga Ilmu: Magetan, 2019.
Sukardi. Metodelogi Penelitin Pendidikan. Yogyakarta: PT Bumi Aksara, 2012.
Sukmadinata, Nana Syaodin. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja RosdaKarya, 2013.
Sunardi, Dkk., Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Metode Improve Berbasis Pemecahan Masalah Model Polya Sub Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Jember: Jurnal tidak diterbitkan, 2014): 7
Susanah , Rahmania Trisnani. “Penerapan Model Pembelajaran Lerning Cycle 7E pada Materi Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3, no. 5 (2016): 432.
Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
Trianto. Model Pengembangan Terpadu,. Jakarta: Bumi Aksara, 2010. A.S. Sadiman et al. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
Trisnani, Rahmania dan Susanah. “Penerapan Model Pembelajaran Lerning Cycle 7E pada Materi Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3, no. 5 (2016): 432.
Usman, Akbar. Metodologi Penelitian Social. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.
Wahana Komputer. Membuat Aplikasi Android untuk Tablet dan Handphone. Jakarta: Kompas Gramedia, 2012.
Wahyu Adi, Dkk. Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Menggunakan Software eXe Sebagai Sarana Siswa Belajar Mandiri. Surakarta: Jurnal “Tata Arta” UNS, Vol. 1, No. 2, (Agustus 2015): 7.
Wahyuni, I., & Alfiana, E. (2022). Analisis Kemampuan Eksplorasi Matematis Siswa Kelas X Pada Materi Fungsi Komposisi. INSPIRAMATIKA 8.1. 39-47
Wahyudi, Dichi Akbar. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Articulate Storyline 3 Berbasis Android.” Skripsi, Universitas Negeri Medan, 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Faisal Mubarak, Masrurotullaily
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.