IMPLEMENTASI TEORI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER

Authors

  • Muhammad Zainul Arifin IAIN Jember
  • Mega Nuris Salafinah IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i1.2

Keywords:

logika fuzzy, metode tsukamoto, variabel input

Abstract

kelulusan merupakan suatu hal yang sangat diharapkan oleh setiap mahasiswa, yang nantinya akan menjadi bekal seorang mahasiswa dalam menempuh jenjang selanjutnya ataupun untuk mencari pekerjaan, kelulusan mahasiswa juga sebagai penunjang akreditasi bagi perguruan tinggi. Yang menjadi masalah adalah apakah mahsiswa bisa lulus dengan maksimal atau tidak. Dalam penelitian ini, lebih memfokuskan bagaimana implementasi teori fuzzy dalam memprediksi tingkat kelulusan mahasiswa IAIN Jember. Teori fuzzy merupakan suatu teori banyak digunakan karena teori fuzyy mudah di mengerti, toleransi terhadap data yang kurang tepat. Pada penelitian ini digunakan teori fuzzy tsukamoto dengan 3 variabel input, variable input terdiri dari jumlah penerimaan peserta wisuda, jumlah mahasiswa, dan jumlah mahasiswa yang lulus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat jumlah mahasiswa yang lulus dalam setiap tahunnya, dengan digunakannya teori fuzzy tsukamoto ini diharapkan dapat membantu seseorang dalam melihat jumlah mahasiswa yang lulus.

Kata Kunci: Logika fuzzy, Metode tsukamoto, Variabel Input

Downloads

Published

2020-06-07

How to Cite

Arifin, M. Z., & Salafinah, M. N. (2020). IMPLEMENTASI TEORI FUZZY TSUKAMOTO UNTUK MEMPREDIKSI TINGKAT KELULUSAN MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER . ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22–35. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i1.2