Analisis Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Konteks Etnomatematika Aktivitas Penanaman Buah Naga

Authors

  • Elok Kurnia Lailatul Fitriyani IAIN Jember
  • Dimas Danar Septiadi IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i2.14

Keywords:

Lembar Kerja Siswa, Etnomatematika Aktivitas Penanaman Buah Naga

Abstract

Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. LKS  yaitu bahan ajar yang diterapkan guru dalam mentransfer informasi dengan bentuk yang lebih praktis, menarik dan utamanya siswa dapat dipermudah dalam menerima informasi. Realita yang sering terjadi dilapangan yaitu kurangnya motivasi belajar siswa terhadap proses pembelajaran pada materi SPLDV, kurangnya pemahaman siswa siswa dalam memahami soal cerita yamg berkaitan dengan SPLDV, kurang tahunya keterkaitan matematika dengan permasalahan sehari-hari. Rumusan masalah yang digunakan yaitu 1) Bagaimana pengembangan LKS dengan konteks aktivitas penanaman buah naga?, 2) Bagaimana kajian etnomatematika dengan konteks aktivitas penanaman buah naga?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R & D). Pengembangan dilakukan dengan menggunakan tahapan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 5 fase. Adapun tahapan yang diperoleh yaitu 1) Proses pengembangan LKS berdasarkan tahapan Borg and Gall, 2) Kajian etnomatematika berdasarkan hasil penelitian penanaman buah naga dan aktivitas etnomatematika yang diperoleh antara lain seperti biaya pembelian kabel, lampu, batang buah naga, pupuk pertanian, ongkos kerja, biaya beton, dan lain sebagainya.

Downloads

Published

2020-12-14

How to Cite

Fitriyani, E. K. L., & Septiadi, D. D. (2020). Analisis Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan Konteks Etnomatematika Aktivitas Penanaman Buah Naga. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 105–121. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v1i2.14