PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Authors

  • Iffa Widiazizah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113

Keywords:

E-Modul, Kemampuan Pemecahan, TPACK

Abstract

Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah untuk   mengembangkan   e-modul   berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada   materi segi empat dan segitiga kelas VII SMP/MTs yang valid, baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research  and  Development yang   mengacu  pada  model  pengembangan   ADDIE. Instrumen   yang digunakan  adalah  lembar  validasi  e-modul,  angket  respon  peserta  didik dan guru,  serta  metode  tes  (pre-test & post-test). Berdasarkan hasil uji kevalidan e-modul yang dilakukan oleh validator ahli diperoleh skor 80,4% dengan kategori valid. Kriteria respon baik juga terpenuhi, karena e-modul yang dikembangkan mendapatkan penilaian  angket  respon  peserta  didik sebesar 80,4% dan  80,0% untuk  angket  respon  guru.  Sedangkan  untuk penilaian   keefektifan didapatkan  dari nilai n-gain melalui pre-test & post-test pada saat uji  coba,  dan data yang   diperoleh menunjukkan bahwa  sebanyak  0,48 peserta  didik  dikatakan mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah.  Sehingga,  e-modul  yang dikembangkan dapat dinyatakan layak, baik dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

References

Amir, M. F. (2015). Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Pembelajaran Abad 21” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2011, 34–42

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148.

Khasanah, N. U. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Group Investigation. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303

Komang, N., Dwianjani, V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 153–166.

Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A . Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini mengakibatkan suatu perubahan di berbagai bidang , ta. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.

Ulya, H. (2015). HUBUNGAN GAYA KOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).

Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Widiazizah, I. (2022). PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 95–107. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113