PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.113Keywords:
E-Modul, Kemampuan Pemecahan, TPACKAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan e-modul berbasis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi segi empat dan segitiga kelas VII SMP/MTs yang valid, baik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi e-modul, angket respon peserta didik dan guru, serta metode tes (pre-test & post-test). Berdasarkan hasil uji kevalidan e-modul yang dilakukan oleh validator ahli diperoleh skor 80,4% dengan kategori valid. Kriteria respon baik juga terpenuhi, karena e-modul yang dikembangkan mendapatkan penilaian angket respon peserta didik sebesar 80,4% dan 80,0% untuk angket respon guru. Sedangkan untuk penilaian keefektifan didapatkan dari nilai n-gain melalui pre-test & post-test pada saat uji coba, dan data yang diperoleh menunjukkan bahwa sebanyak 0,48 peserta didik dikatakan mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Sehingga, e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan layak, baik dan efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.
References
Amir, M. F. (2015). Pembelajaran Konsektual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan : Tema “Peningkatan Kualitas Peserta Didik Melalui Implementasi Pembelajaran Pembelajaran Abad 21” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 2011, 34–42
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148.
Khasanah, N. U. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematika Melalui Strategi Realistic Mathematics Education Berbasis Group Investigation. Publikasi Ilmiah Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK)? Journal of Education, 193(3), 13–19. https://doi.org/10.1177/002205741319300303
Komang, N., Dwianjani, V., & Candiasa, I. M. (2018). Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. 2(2), 153–166.
Maryam, Masykur, R., & Andriani, S. (2019). Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII A . Pendahuluan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat dewasa ini mengakibatkan suatu perubahan di berbagai bidang , ta. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 1–12.
Ulya, H. (2015). HUBUNGAN GAYA KOGNITIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2).
Wijaya, T. T., Murni, S., Purnama, A., & Tanuwijaya, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Tpack Menggunakan Hawgent Dynamic Mathematics Software. Journal of Elementary Education, 03(03), 3.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Iffa Widiazizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.