Hubungan Ilmu Mantik Terhadap Permasalahan Logika Matematika Untuk Penarikan Sebuah Kesimpulan

Authors

  • Lu'lu'ul Maknunah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Arda Insania Kamila UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Fikri Apriyono UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.112

Keywords:

Logika matematika, Mantik, Penarikan kesimpulan

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, selalu diperlukan penarikan sebuah kesimpulan untuk menyelesaikan sebuah masalah, salah satunya dengan menggunakan ilmu logika. Mantik tidak jarang dikaitkan dengan penalaran, disamping itu pada salah satu cabang ilmu matmatika juga terdapat pokok pembahasan mengenai logika matematika.  Penelitian yang penulis lakukan bermaksud untuk mencari ada atau tidaknya hubungan ilmu mantik terhadap logika matematika dalam penarikan sebuah kesimpulan. Peneliti memakai metode penelitian kajian pustaka. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu ilmu mantik dan logika matematika mempunyai urutan yang sama dalam penarikan sebuah kesimpulan hanya saja terdapat istilah penyebutannya, seperti dalam Logika matematika memakai simbol-simbol serta lambang-lambang, sedang ilmu mantiq memakai istilah-istilah yang berbahasa Arab.

References

Djalil, Basiq. (2009). Logika Ilmu Mantik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Hidayati, K. (2013). Pengaruh Kemampuan Penalaran Logika Matematika Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Di Stain Ponorogo. Jurnal KODIFIKASIA, 7(1), 137-153.

Machendrawaty, nanih. (2019). Ilmu Mantik Pintu Utama Berpikir Logis. Bandung: CV. Mimbar Pustaka.

Milsan, A. L & M Wewe. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal of Education Technologi, 2(2). 65-69.

Mujiani, D. S. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 7 (2), 199-109.

Mundiri. (2000). Logika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muttakhidah, R. R. I. (2015). Logika Matematika, Dialektika Dan Teknik Pengambilan Simpulan. AdMathEdu, 5 (2), 127-140.

Puger, I.G.N. & Redana, D.N. (2019). Penerapan Kemampuan Berfikir Mantik Dalam Pembelajaran Sain. DAIWI WIDYA Jurnal Pendidikan, 6(2), 1-15.

Purwanto, M. R. (2019). Ilmu Mantik. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Sarif, Edwin. (2016). Pengaruh Mantiq (Logika) Dalam Pengembangan Ilmu-Ilmu Keislaman. Ilmu Ushuludin, 5(2), 265-282.

Sinambela. P. N. J. M. (2012). Penarikan Kesimpulan Dengan Metode Deduktif. Generasi Kampus, 5(1), 16-21.

Surya, Terman. (2006). Peranan Logika dalam Melaksanakan Kegiatan Riset. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, Didi. (2011). Membangun Budaya Baru dalam Berfikir Matematika. Bandung: UPI press.

Surajiyo. (2010). Dasar-dasae Logika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Susanti, V.D. (2018). Analisis Kemampuan Kognitif dalam Pemecahan MASALAH Berdasarkan Kecerdasan Logis-Matematis, 3(1), 71-83.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Maknunah, L., Insania Kamila, A., & Apriyono, F. (2022). Hubungan Ilmu Mantik Terhadap Permasalahan Logika Matematika Untuk Penarikan Sebuah Kesimpulan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(2), 108–118. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v3i2.112