Strategi Window Shopping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Regresi Linear Pada Peserta Didik

Authors

  •   Alvina Dwi Nurcahyani   Universitas Muhammadiyah Jember
  •   Christine Wulandari Suryaningrum   Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.321

  Keywords:

Minat Belajar, Pembelajaran Matematika, Regresi Linear , Window Shopping

Abstract

Pembelajaran matematika kerap dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik, khususnya materi regresi linear yang memerlukan pemahaman konsep dan keterampilan analisis data. Kurangnya minat belajar menjadi hambatan utama keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran Window Shopping dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik pada materi regresi linear. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan dua kelas XI di SMA Negeri Arjasa. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan strategi Window Shopping, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes kognitif (pretest dan posttest), angket minat belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Window Shopping memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar dan minat peserta didik. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai posttest dari 58% menjadi 85%, dan peserta didik dengan minat tinggi meningkat dari 14 menjadi 29 orang. Sementara itu, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan nilai dari 60% menjadi 71%, dan minat tinggi dari 15 menjadi 20 orang. Dengan demikian, Window Shopping dapat menjadi alternatif metode pembelajaran inovatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik terhadap materi matematika.

References

Agustina, K. H., Abqoriyun, M., Fahmi, N., Yudianto, E., Diah, N., & Lestari, S. (2024). Relevansi penerapan model pembelajaran terhadap pelajaran matematika berdasarkan kurikulum merdeka 1.

Aji, L. J., Han, M., PS, C., Hendrawati, T., Febrianti, R., Wulandari, N. D., ... & Simal, R. (2024). Model-Model Pembelajaran Dalam Dunia Pendidikan. PT Penerbit Qriset Indonesia.

Jao, L., Sahmbi, G., & Huang, Y.-S. (2020). NProfessional Growth Through Reflection and an Approximation of Practice: Experiences of Pre-Service Teachers as Teaching Assistants in a Secondary Mathematics Teaching Methods Course. 2507(February), 1–9.

Khansa, N. A., & Arfinanti, N. (2024). Systematic Literature Review : Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi.

Mubarokah, H. R., Gabriella, I., Lestari, N., Kurniati, D., & Yudianto, E. (2024). Implementasi pembelajaran sosial emosional (pse) dalam kurikulum merdeka di mi unggulan nuris 1.

Mufidati, D., & Mukhlis, M. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Kemampuan Penalaran Siswa Pada Materi Perbandingan Kelas VII. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 87–99. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.62

Mumpuni, P. W., Inganah, S., & Sugiarti, W. (2020). Penerapan model pembelajaran window shopping materi vektor untuk meningkatkan hasil dan minat belajar matematika. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 115–126. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.12827

Nengsih, S. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Window Shoping Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Jurnal AlphaEuclidEdu, 3(1), 1. https://doi.org/10.26418/ja.v3i1.55173

Nurfadila, N., Ahmad, H., & Ali P., M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Window Shopping Terhadap Kreativitas Matematika siswa. Journal Peqguruang: Conference Series, 4(1), 290. https://doi.org/10.35329/jp.v4i1.2455

Sanjaya, A. I., & Pratama, S. R. R. (2021). Problematika Guru dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa di Kelas pada Pembelajaran Matematika. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 47–56. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i1.27

Slavin, R. E. (1996). Research on cooperative learning and achievement: What we know, what we need to know. Contemporary Educational Psychology, 21(1), 43–69. https://doi.org/10.1006/ceps.1996.0004

Sulistyaratih, N. I., Adnan, Sehalyana, & dkk. (2021). Penerapan Problem Based Learning dan Window Shopping untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Profesi Kependidikan, 2(2), 77–88.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Alvina Dwi Nurcahyani, & Suryaningrum, C. W. . (2025). Strategi Window Shopping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Regresi Linear Pada Peserta Didik. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 51–59. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.321