Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Jaipong di Sanggar Tari Andri Kota Bekasi

DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.320Keywords:
Etnomatematika, Tari Jaipong, Bangun Datar, Sudut, Trasformasi Geometri, Pola Bilangan, Pembelajaran KontekstualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur etnomatematika yang terdapat dalam Tari Jaipong di Sanggar Tari Andri, Kota Bekasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tiga subjek utama: pencipta gerak, pelatih utama, dan asisten pelatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Jaipong mengandung berbagai konsep matematika, seperti bangun datar (segitiga, persegi panjang, dan lingkaran) yang ditemukan pada kostum dan properti, sudut (lancip, siku-siku, tumpul, dan lurus) dalam gerakan tari, serta transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi). Selain itu, ditemukan pola bilangan dalam ketukan musik yang mencerminkan barisan aritmatika dan geometri. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tari Jaipong tidak hanya memiliki nilai estetika dan budaya, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika berbasis budaya yang kontekstual dan menyenangkan. Dengan demikian, pendekatan etnomatematika dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui pelibatan budaya lokal.
References
Ahmad, A., & Muslimah, M. (2021, December). Memahami teknik pengolahan dan analisis data kualitatif. In Proceedings of Palangka Raya International and National Conference on Islamic Studies (PINCIS) (Vol. 1, No. 1).
Aminah, N., Noto, M. S., Awal, A. A., Dewi, I. L. K., Sudarsono, S. P., Subroto, T., ... & Ferry Ferdianto, S. T. (2023). Etnomatematika. LovRinz Publishing.
Aprilyada, G., Zidan, M. A., Nurlia, N., Ainunisa, R. A., & Widi, W. W. (2023). Peran kajian pustaka dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 165-173.
Danoebroto, S. W. (2020). Kaitan Antara Etnomatematika dan Matematika Sekolah: Sebuah Kajian Konseptual. Idealmathedu: Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 7(1), 37-48.
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: tahap pengumpulan data. Mitita Jurnal Penelitian, 1(3), 34-46.
Fidencia Mytha P.S., Dhina Prabawa & Marcellinus A.R. (2022). Etnomatematika Tari Dolalak Purworejo. ELIPS.
Finsensius Y. Naja, et al. (2021). Eksplorasi Konsep Etnomatematika pada Gerak Tari Toja Wanda Suku Lio. AKSIOMA.
Fitriani, L. D. (2021). Eksplorasi etnomatematika tarian dalam bimbang gedang pada masyarakat di kota bengkulu (Doctoral dissertation, UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu).
Fitriatunnisa, R., Hastuti, I. D., & Mariyati, Y. (2024, August). Peranan Model Pembelajaran Berbasis Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Congklak Sebagai Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika. In Seminar Nasional Paedagoria (Vol. 4, No. 1, pp. 422-433).
Fransiska, A. (2023). Penataan Koleksi Bahan Pustaka Di Perpustakaan Politeknik Negeri Sriwijaya Sebagai Upaya Mempermudah Menemukan Kembali Buku Yang Diperlukan Oleh Pemustaka. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 2(03), 218-229. https://doi.org/10.62668/bharasumba.v2i03.735
Gustia, R., & Putra, A. (2024). Aktivitas Etnomatematika pada Tari Sekapur Sirih di Kerinci. Venn: Journal of Sustainable Innovation on Education, Mathematics and Natural Sciences, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.53696/2964-867X.133
Husnullail, M., & Jailani, M. S. (2024). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Riset Ilmiah. Jurnal Genta Mulia, 15(2), 70-78.
Jainuddin, J., Dipalaya, T., & Mangampang, E. T. (2022). Eksplorasi etnomatematika terhadap pola geometri pada rumah adat Tongkonan di Toraja. Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 4(3), 627-640. https://doi.org/10.52208/klasikal.v4i3.328
Laia, Y., Sarumaha, M. S., & Laia, B. (2022). Bimbingan konseling dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa di SMA Negeri 3 Susua tahun pelajaran 2021/2022. Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-12. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.367
Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39. https://doi.org/10.31764/historis.v6i1.4075
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat: Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 12(3), 145-151. https://doi.org/10.52022/jikm.v12i3.102
Mukarromah, N. A., & Darmawan, P. (2022). Etnomatematika Pada Pola Lantai Tari Gandrung Banyuwangi. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 2(1), 158-166.
Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif.
Putra, A. P. (2022). Peran etnomatematika dalam konsep dasar pembelajaran matematika. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(2), 49-58. https://doi.org/10.47200/intersections.v7i2.1312
Rahayu, N. P., Hartati, L., & Kasyadi, S. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Lenggang Nyai Betawi dalam Aktivitas Fundamental Matematis Bishop. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 7092-7106. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14461
Ramadan, N., & Astuti, H. P. (2023). ETNOMATEMATIKA KESENIAN RAMPAK BEDUG DAN KETERKAITANYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3), 98-104.
Sarosa, S. (2021). Analisis data penelitian kualitatif. Pt Kanisius.
Sukabumi, SP (2022). Teknik pengambilan sampel umum dalam metodologi penelitian: Literature review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH)
Sukmawaty, F. (2024). Pelatihan Gerak dan Tari Trandisional Jaipong. Among: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 18-24. https://doi.org/10.51804/ajpm.v6i1.16564
Sulung, U., & Muspawi, M. (2024). Memahami sumber data penelitian: Primer, sekunder, dan tersier. Edu Research, 5(3), 110-116. https://doi.org/10.47827/jer.v5i3.238
Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Syaipul Amri & Mella Dwi Santia (2023). Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Napa di Bengkulu Selatan. Math‑UMB.edu.
Triska, R. N., Zahro, I. F., & Westhisi, S. M. (2024). Tari Jaipong: Implementasi Tari dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(2), 135-144. https://orcid.org/0000-0002-8827-9282
Triyono, R., Putri, D. A., et al. (2025). Eksplorasi Etnomatematika: Konsep Simetri pada Pola Gerak Tari Merak. De Fermat.
Yasin, M., Garancang, S., & Hamzah, A. A. (2024). Metode dan Instrumen Pengumpulan Data (Kualitatif dan Kuantitatif). Journal of International Multidisciplinary Research, 2(3), 161-173.
Yuhana, Y. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Kesenian Tari Rampak Bedug Banten. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1695-1707. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10956
Yulianasari, N., Salsabila, L. L., & Maulidina, N. (2023, August). Implementasi etnomatematika sebagai cara untuk menghubungkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 3, pp. 462-472).
Zuhri, Z., Dewi, S. V., Kusuma, J. W., Rafiqoh, S., Mahuda, I., & Hamidah, H. (2023). Implementation of ethnomathematics strategy in indonesian traditional games as mathematics learning media. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 4(2), 294-302. https://doi.org/10.46843/jiecr.v4i2.613
Zulfah, et al. (2024). Eksplorasi Etnomatematika pada Busana Tari Pasombahan Kampar. Journal of Education Research.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 HAURA PUTRI FORTUNA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.