Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Minat Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Authors

  •   Aldriana Wiwil   Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo
  •   Konstansia Hermiati   Universitas Katolik Santo Agustinus Hippo

DOI:

https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.319

  Keywords:

Pemahaman Konsep, Minat Belajar, Soal Cerita, SPLDV

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaiakn soal cerita berdasarkan minat belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi adalah instrumen yang digunakan dalam pendekatan penelitian kualitatif deskriptif ini. Mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan adalah semua metode yang digunakan dalam analisis data dalam penelitian ini. Triangulasi teknik dan waktu digunakan untuk menilai kebenaran data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki keinginan kuat untuk belajar cenderung memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep yang dibahas. Meskipun kadang-kadang terjadi kesalahan, mereka dapat merumuskan kembali konsep, mengatur item ke dalam kategori berdasarkan konsep, menggambarkan konsep secara visual, menerapkan konsep secara algoritmik, dan memahami konsep baik secara internal maupun eksternal. Siswa dengan minat belajar sedang memenuhi sebagian besar indikator, namun masih mengalami kesulitan dalam mengubah soal cerita menjadi simbol matematika. Pemahaman konsep mereka belum optimal dan membutuhkan pengembangan. Siswa dengan minat belajar rendah mengalami kesulitan hampir di semua aspek, terutama dalam memahami soal cerita dan menerapkan metode penyelesaian. Oleh karena itu, mereka memerlukan lebih banyak bimbingan dan latihan untuk meningkatkan pemahaman serta ketelitian dalam menyelesaikan soal matematika berbasis cerita.

 

References

Asri, F. M., Ruslan, R., & Asdar, A. (2020). Deskripsi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Intensitas Penggunaan E-Learning Quipper Video. Issues in Mathematics Education (IMED), 3(2), 148. https://doi.org/10.35580/imed11051

Cahyani, E. P., Wulandari, W. D., Rohaeti, E. E., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Numeracy, 5(1), 49–56.

Darmawanti, vivi. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Peserta Disik Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Skripsi, 2507(February), 1–9.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23

Fikri, A. (2025). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Kelas X SMK Al-Falah Jakarta Selatan. 2(1), 540–545.

Fikriyah, D. N. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial Dan Iklim Kelas Terhadap Minat Belajar Siswa Di MTs Al Amien Kota Kediri Pada Mata Pelajaran Fiqih. 16–49.

Fitriah, Djamilah, Soraya, Nurmeidian, R. (2024). Pengembangan lkpd kurikulum merdeka berbasis pendekatan kontekstual pada materi perbandingan 1 1,2,3. 20.

Hermiati, K., & Julianti, A. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Visual-Spatial Siswa Dalam Pembelajaran Transformasi Geometri. ARITMATIKA: Jurnal Riset …, 4(2), 96–106. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/257%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/257/46

Husna, I., Purwosetiyono, F. D., & Endahwuri, D. (2020). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6), 501–509. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6787

Kirana, A., & Nur, I. R. D. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(1), 374–385. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i1.1992

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477

Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32.

Rohmansari, D. (2022). Minat siswa Terhadap Pelajaran Matematika dan Hubungannya dengan Metode Pembelajaran dan Efikasi Diri. Jurnal Educatio FKIP UNMA.

Sari, L. (2022). Pengaruh Minat Belajar terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP pada Materi Relasi dan Fungsi. Didactical Mathematics, 4(1), 111–118. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2016

Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i1.17969

Siswa, M., & Iii, K. (2024). Efektivitas metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika siswa kelas iii 1.

Syafa’atun, & Nurlaela. (2022). Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Mata Kuliah Kalkulus Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(19), 430–436. https://doi.org/10.5281/zenodo.7180813

Wahyuni, I., Rahman, A. K., & Eko Prastya Hatiningwan. (2023). Analisis Pemahaman Konsep Dasar Matematika Pada Siswa Smp/Mts. Aritmatika, 4(2), 129–144. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/278%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/278/49

yudha, Firma, Ribaah, R. Z. (2024). Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Teori Bilangan (Teori Keterbagian dalam bilangan Bulat) 1Firma.

Downloads

Published

2025-07-10

How to Cite

Wiwil, A. ., & Hermiati, K. . (2025). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Minat Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 60–78. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.319