Peningkatan Pemahaman Pecahan Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Alat Peraga Konkret di Kelas V SDN Karangrejo 4

DOI:
https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i1.317Keywords:
Alat Peraga Konkret, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pemahaman PecahanAbstract
Tujuan peneliti yaitu meningkatkan minat belajar siswa pada materi pecahan melalui penerapan pembelajaran
berdiferensiasi berbantuan media alat peraga konkret berupa papan pecahan di kelas V SDN Karangrejo 4.
Metode dalam penelitian ini yaitu PTK, dan dilakukan selama dua siklus dengan rincian 1x pertemuan untuk
siklus 1 dan 2x pertemuan untuk siklus 2. Tiap siklus mempunyai 4 tahapan perencanaan, pelaksanasan,
pengamatan, dan refleksi. Media konkret berupa papan pecahan di gunakan untuk visualisasi konsep pecahan
yang abstrak agar lebih mudah dipahami siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan di minat
belajar siswa. Persentase minat belajar pada tahap prasiklus sebesar 21% (kategori "Sebagian kecil") meningkat
menjadi 41% pada siklus 1 (kategori "Hampir setengahnya") dan mencapai 77% pada siklus 2 (kategori
"Hampir Seluruhnya"). Peningkatan ini terjadi karena pembelajaran berdiferensiasi memberikan fleksibilitas
kepada guru untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan minat dan kemampuan siswa. Strategi
pembelajaran berupa diskusi kelompok kecil, presentasi, dan penggunaan media dapat membantu siswa aktif
juga termotivasi untuk belajar. Dengan hasil ini, bisa disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan
media konkret merupakan pendekatan efektif agar dapat meningkatkan minat belajar. Penelitian yang sudah
dilakukan diharapkan menjadi referensi, sumber bacaan bagi guru ketika mengembangkan pembelajaran
matematika yang menarik dan bermakna, terutama pada materi pecahan
References
Anitasari, S., Rahmantika Hadi, F., & Ridwan. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Pbl Berbantuan Media Konkret Matematika. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2218–22135.
Arimbi, E. P. A., Kasiyun, S., & ... (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa SD melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkret. Prosiding National …, 01, 97–102. https://conferences.unusa.ac.id/index.php/NCU2020/article/view/1103
Faiz, A., Parhan, M., & Ananda, R. (2022). Paradigma Baru dalam Kurikulum Prototipe. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1544–1550. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2410
Friantini, R. N., & Winata, R. (2008). Kamus besar bahasa Indonesia / Departemen pendidikan nasional. Gramedia Pustaka Utama, 4, 70–75. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/870
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Indriyanti, dkk. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, II(II), 13–25.
Kholida, A., Susanti, D., Jamiludin, M. F., & ... (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 1 Panti Jember. Aritmatika …. https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/294%0Ahttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/download/294/55
Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Jurnal Basicedu, 6(4), 6613–6619. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3322
Lestari, Y. D. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 16(1), 73–80. https://doi.org/10.52217/lentera.v16i1.1081
Lestariningsih, D., Nurlaela, L., & Mariono, A. (2018). The Impact of Self-Regulated Learning to Wards on The Ability to Understand A Concept of Pratical Chemical Engineering Operation. 173(Icei 2017), 90–92. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.24
Permono, E., Wasitohadi, W., & Sri Rahayu, T. (2018). Upaya Peningkatan Minat Belajar Matematika Dengan Metode Pendidikan Matematika Realistik (Pmr) Siswa Kelas 4 Sd N 1 Wonodoyo. Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 257. https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.368
Pratama, C. E., Suryanti, S., & Rini, S. (2024). Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Media Konkret. Proceeding International Conference on Lesson Study, 1(1), 475. https://doi.org/10.30587/icls.v1i1.7396
Sakdiyah, H., & Annizar, A. M. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Pesisir Pantai Puger pada Materi Perbandingan. ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 116–124. https://doi.org/10.35719/aritmatika.v2i2.69
Setiana, F., Rahayu, T. S., & , W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Puzzle Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14
Siswa, M., & Iii, K. (2024). Efektivitas metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada soal cerita matematika siswa kelas iii 1.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39
Wijaya, R., Vioreza, N., & Marpaung, J. B. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 579–587.
Yanti, R. N., Melati, A. S., & Zanty, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 209–219. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.95
Yudhanegara, M. R., Lestari, K. E., Studi, P., Matematika, P., & Karawang, U. S. (2014). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Sitem Geometri Berdasarkan Latar Belakang Prestasi Belajar Mata Kuliah Geometri Transformasi. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 3(2), 83–88. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/258
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nahdiah Nur Fauziah, Jevi Haryanti, Fajar Surya Hutama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.