https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/issue/feed ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 2025-07-02T19:56:26+07:00 Mohammad Mukhlis mmukhlis166@gmail.com Open Journal Systems <p>ARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika adalah jurnal dengan peninjauan sebaya dan diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada kajian Matematika, baik kajian literatur maupun kajian lapang yang diterbitkan dalam Bahasa Indonesia dengan dua abstrak: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember. Kami mengundang para peneliti, dosen, mahasiswa, guru, profesional, dan siapa saja untuk berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel ilmiah tentang pendidikan Matematika.</p> https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/319 Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Minat Belajar Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel 2025-05-18T19:44:02+07:00 Aldriana Wiwil 101210008@stkippamanetalino.ac.id Konstansia Hermiati h.konstansia@sanagustin.ac.id <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menyelesaiakn soal cerita berdasarkan minat belajar pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Tes, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi adalah instrumen yang digunakan dalam pendekatan penelitian kualitatif deskriptif ini. Mereduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan adalah semua metode yang digunakan dalam analisis data dalam penelitian ini. Triangulasi teknik dan waktu digunakan untuk menilai kebenaran data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki keinginan kuat untuk belajar cenderung memiliki pemahaman yang kuat tentang konsep yang dibahas. Meskipun kadang-kadang terjadi kesalahan, mereka dapat merumuskan kembali konsep, mengatur item ke dalam kategori berdasarkan konsep, menggambarkan konsep secara visual, menerapkan konsep secara algoritmik, dan memahami konsep baik secara internal maupun eksternal. Siswa dengan minat belajar sedang memenuhi sebagian besar indikator, namun masih mengalami kesulitan dalam mengubah soal cerita menjadi simbol matematika. Pemahaman konsep mereka belum optimal dan membutuhkan pengembangan. Siswa dengan minat belajar rendah mengalami kesulitan hampir di semua aspek, terutama dalam memahami soal cerita dan menerapkan metode penyelesaian. Oleh karena itu, mereka memerlukan lebih banyak bimbingan dan latihan untuk meningkatkan pemahaman serta ketelitian dalam menyelesaikan soal matematika berbasis cerita.</p> <p><strong> </strong></p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 aldriana wiwil, Christine Wulandari Suryaningrum https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/316 Efektivitas GIMKIT dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matriks pada Peserta Didik Kelas XI 1 SMA Negeri Arjasa 2025-03-10T14:24:18+07:00 intan nur azizah intan peserta.08953@ppg.belajar.id Rohman Wahid Romdhani inurazizah56@gmail.com <p>Pembelajaran matematika sering kali menjadi tantangan bagi peserta didik, terutama pada materi matriks yang membutuhkan pemahaman konsep yang mendalam. Kurangnya motivasi belajar menjadi salah satu faktor utama yang menghambat pemahaman peserta didik. Seiring dengan perkembangan teknologi, metode pembelajaran berbasis permainan (game-based learning) seperti Gimkit mulai diterapkan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan Gimkit dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas XI 1 SMA Negeri Arjasa pada materi matriks. Menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design, penelitian ini melibatkan dua kelompok siswa: kelompok eksperimen yang menggunakan Gimkit dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Gimkit secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman siswa terhadap materi matriks. Rata-rata nilai posttest pada kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, hasil angket motivasi belajar menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan terlibat dalam pembelajaran ketika menggunakan Gimkit. Dengan demikian, Gimkit dapat menjadi alternatif metode pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi matematika.</p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 intan nur azizah intan, Rohman Wahid Romdhani https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/320 Eksplorasi Etnomatematika pada Tari Jaipong di Sanggar Tari Andri Kota Bekasi 2025-05-21T10:48:12+07:00 Haura Putri Fortuna haurapf@gmail.com Roida Eva Flora Siagian haurapf@gmail.com Nia Gardenia haurapf@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur etnomatematika yang terdapat dalam Tari Jaipong di Sanggar Tari Andri, Kota Bekasi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap tiga subjek utama: pencipta gerak, pelatih utama, dan asisten pelatih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tari Jaipong mengandung berbagai konsep matematika, seperti bangun datar (segitiga, persegi panjang, dan lingkaran) yang ditemukan pada kostum dan properti, sudut (lancip, siku-siku, tumpul, dan lurus) dalam gerakan tari, serta transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi). Selain itu, ditemukan pola bilangan dalam ketukan musik yang mencerminkan barisan aritmatika dan geometri. Penelitian ini menunjukkan bahwa Tari Jaipong tidak hanya memiliki nilai estetika dan budaya, tetapi juga dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran matematika berbasis budaya yang kontekstual dan menyenangkan. Dengan demikian, pendekatan etnomatematika dapat menjadi alternatif efektif dalam meningkatkan minat belajar matematika siswa melalui pelibatan budaya lokal.</p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 HAURA PUTRI FORTUNA https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/317 Peningkatan Pemahaman Pecahan Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi Berbantuan Alat Peraga Konkret di Kelas V SDN Karangrejo 4 2025-03-21T22:27:31+07:00 Nahdiah Nur Fauziah nahdiahnurfauziah@gmail.com Jevi Haryanti jeviharyanti97@gmail.com Fajar Surya Hutama nahdiahnurfauziah@gmail.com <p>Tujuan peneliti yaitu meningkatkan minat belajar siswa pada materi pecahan melalui penerapan pembelajaran<br />berdiferensiasi berbantuan media alat peraga konkret berupa papan pecahan di kelas V SDN Karangrejo 4.<br />Metode dalam penelitian ini yaitu PTK, dan dilakukan selama dua siklus dengan rincian 1x pertemuan untuk<br />siklus 1 dan 2x pertemuan untuk siklus 2. Tiap siklus mempunyai 4 tahapan perencanaan, pelaksanasan,<br />pengamatan, dan refleksi. Media konkret berupa papan pecahan di gunakan untuk visualisasi konsep pecahan<br />yang abstrak agar lebih mudah dipahami siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan di minat<br />belajar siswa. Persentase minat belajar pada tahap prasiklus sebesar 21% (kategori "Sebagian kecil") meningkat<br />menjadi 41% pada siklus 1 (kategori "Hampir setengahnya") dan mencapai 77% pada siklus 2 (kategori<br />"Hampir Seluruhnya"). Peningkatan ini terjadi karena pembelajaran berdiferensiasi memberikan fleksibilitas<br />kepada guru untuk menyesuaikan metode pengajaran dengan minat dan kemampuan siswa. Strategi<br />pembelajaran berupa diskusi kelompok kecil, presentasi, dan penggunaan media dapat membantu siswa aktif<br />juga termotivasi untuk belajar. Dengan hasil ini, bisa disimpulkan pembelajaran berdiferensiasi berbantuan<br />media konkret merupakan pendekatan efektif agar dapat meningkatkan minat belajar. Penelitian yang sudah<br />dilakukan diharapkan menjadi referensi, sumber bacaan bagi guru ketika mengembangkan pembelajaran<br />matematika yang menarik dan bermakna, terutama pada materi pecahan</p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Nahdiah Nur Fauziah, Jevi Haryanti, Fajar Surya Hutama https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/321 Strategi Window Shopping Untuk Meningkatkan Minat Belajar Regresi Linear Pada Peserta Didik 2025-05-28T18:09:07+07:00 Alvina Dwi Nurcahyani alvinadwi0911@gmail.com Christine Wulandari Suryaningrum alvinadwi0911@gmail.com <p>Pembelajaran matematika kerap dianggap sulit dan membosankan oleh peserta didik, khususnya materi regresi linear yang memerlukan pemahaman konsep dan keterampilan analisis data. Kurangnya minat belajar menjadi hambatan utama keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran <em>Window Shopping</em> dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik pada materi regresi linear. Penelitian menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain <em>pretest-posttest control group</em>, melibatkan dua kelas XI di SMA Negeri Arjasa. Satu kelas sebagai kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan strategi <em>Window Shopping</em>, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas tes kognitif (<em>pretest</em> dan <em>posttest</em>), angket minat belajar, dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi <em>Window Shopping</em> memberikan dampak positif terhadap peningkatan hasil belajar dan minat peserta didik. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan nilai <em>posttest </em>dari 58% menjadi 85%, dan peserta didik dengan minat tinggi meningkat dari 14 menjadi 29 orang. Sementara itu, kelompok kontrol hanya mengalami peningkatan nilai dari 60% menjadi 71%, dan minat tinggi dari 15 menjadi 20 orang. Dengan demikian, <em>Window Shopping</em> dapat menjadi alternatif metode pembelajaran inovatif yang efektif untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik terhadap materi matematika.</p> 2025-07-10T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Alvina Dwi Nurcahyani, Christine Wulandari Suryaningrum