https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/issue/feedARITMATIKA: Jurnal Riset Pendidikan Matematika2025-10-14T00:00:00+07:00Mohammad Mukhlismmukhlis166@gmail.comOpen Journal Systems<table width="757"> <tbody> <tr> <td> <p>Judul Jurnal</p> </td> <td> <p><strong>ARITMATIKA</strong> <strong>Jurnal Riset Pendidikan Matematika</strong></p> </td> </tr> <tr> <td> <p> ISSN</p> </td> <td> <p> <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2723-1046">2723-1046</a> (online) | <a href="https://issn.brin.go.id/terbit?search=2723-0627">2723-0627</a> (print)</p> </td> </tr> <tr> <td> <p> DOI</p> </td> <td> <p><a href="https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i2">https://doi.org/10.35719/aritmatika.v6i2</a></p> </td> </tr> <tr> <td> <p> Penerbit</p> </td> <td> <p>Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,<br />UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Jawa Timur, Indonesia</p> </td> </tr> <tr> <td> <p> Frekuensi</p> </td> <td> <p>2 kali dalam 1 tahun</p> </td> </tr> <tr> <td> <p> Kutipan</p> </td> <td> <p><a href="https://scholar.google.co.id/citations?user=VNEy3icAAAAJ&hl=en">Google Scholar</a> | <a href="https://garuda.kemdikbud.go.id/journal/view/22235">Garuda</a> | <a href="https://search.crossref.org/?from_ui=yes&q=aritmatika">Crossref</a> | <a href="https://sinta.kemdiktisaintek.go.id/journals/profile/9213">Sinta 5</a> | </p> </td> </tr> </tbody> </table> <p><a href="https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/about">ARITMATIKA</a>: Jurnal Riset Pendidikan Matematika merupakan jurnal ilmiah yang menerapkan sistem <em>peer-review</em> dan dikelola secara berkala oleh Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Jurnal ini berfokus pada publikasi manuskrip ilmiah, baik berupa hasil penelitian dibidang pendidikan, pembelajaran, dan proses berpikir matematika. Publikasi dilakukan dalam Bahasa Indonesia, disertai dengan dua abstrak, yaitu dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, untuk menjangkau khalayak yang lebih luas. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember. Redaksi mengundang kontribusi artikel ilmiah dari berbagai kalangan akademisi dan profesional, termasuk peneliti, dosen, mahasiswa, guru, dan praktisi lainnya, untuk berkontribusi dalam pengembangan keilmuan pendidikan Matematika.</p> <p> </p> <p><strong>Kebijakan Akses Terbuka:</strong></p> <p>Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi <a href="https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/">Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)</a>. Hal ini memungkinkan orang lain untuk berbagi — menyalin dan mendistribusikan ulang materi dalam media atau format apa pun, Mengadaptasi — me-remix, mengubah, dan mengembangkan materi tersebut. </p>https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/349Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Eksponen Kelas X SMA Swasta Maniamas Ngabang2025-08-12T23:24:29+07:00Julita Yopita Simamora Marigan Tua Simamora101210034@sanagustin.ac.idKonstansia Hermiatih.konstansia@sanagustin.ac.id<p>Hasil belajar matematika siswa pada materi eksponen di SMA Swasta Maniamas Ngabang menunjukkan capaian yang belum optimal. Motivasi belajar siswa diyakini sebagai salah satu faktor yang berperan dalam menentukan keberhasilan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar matematika pada pokok bahasan eksponen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi berjumlah 151 siswa kelas X, dan sampel sebanyak 60 siswa dari kelas XA dan XB diambil melalui teknik <em>cluster random sampling</em>. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik korelasi<em> Product Moment</em> dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil uji menunjukkan bahwa data memenuhi asumsi normalitas, linearitas, dan homogenitas. Koefisien korelasi yang diperoleh sebesar 0,305 lebih besar dari nilai pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,254. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa. Artinya, semakin tinggi motivasi yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula capaian hasil belajarnya.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong><strong>:</strong> Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika, Eksponen, Korelasi</p>2025-10-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Julita Yopita Simamora Marigan Tua Simamora, Konstansia Hermiatihttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/348PENGARUH GAYA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI SISWA2025-08-12T23:19:42+07:00andreas gunawan101210009@sanagustin.ac.idKonstansia Hermiatih.konstansia@sanagustin.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak gaya belajar dan minat terhadap keterampilan numerasi siswa di SMP Negeri 3 Sompak. Isu numerasi diprioritaskan karena hubungannya dengan penalaran logis dan keterampilan pemecahan masalah. Data observasi menunjukkan bahwa keterampilan numerasi siswa yang kurang dipengaruhi oleh adaptasi yang tidak memadai terhadap pendekatan pembelajaran dan minat belajar yang menurun. Penelitian ini menggunakan metodologi korelasional kuantitatif dengan populasi 170 siswa dan sampel 54 siswa dari dua kelas, yang diperoleh melalui teknik <em>cluster random sampling</em> di SMP Negeri 3 Sompak. Instrumen penelitian terdiri dari survei yang mengkaji gaya belajar dan minat, serta ujian yang mengevaluasi keterampilan numerasi siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda melalui SPSS versi 25.0, setelah memenuhi uji yang dipersyaratkan untuk normalitas, homogenitas, dan linearitas. Setelah itu, analisis regresi linier, uji-F, dan koefisien determinasi dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar dan minat secara signifikan memengaruhi kemampuan numerasi, sebagaimana ditunjukkan oleh nilai signifikansi. 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa 45,6% (R² = 0,456) perbedaan kemampuan numerasi dapat dikaitkan dengan gaya belajar dan motivasi belajar. Sisanya, 54,4%, dipengaruhi oleh faktor-faktor di luar model penelitian ini. Kesimpulannya, menyesuaikan pendidikan dengan gaya belajar siswa dan meningkatkan keterlibatan dalam pembelajaran sangat penting untuk kemajuan keterampilan numerasi.</p>2025-10-14T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 andreas gunawan, 1_hermiati_23https://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/331PENGARUH MEDIA LIDI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA OPERASI HITUNG DI KELAS III SD NEGERI 59 KM.2 NGABANG 2025-10-11T18:08:35+07:00Agun Satrio Agun123101210025@sanagustin.ac.adKonstansia Hermiatih.konstansia@sanagustin.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media lidi terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung di Kelas III SD Negeri 59 KM.2 Ngabang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (quasi experimental). Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, kemudian dianalisis menggunakan uji statistik deskriptif dan inferensial, seperti uji normalitas, linearitas, homogenitas, autokorelasi, dan regresi linear sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari 45,12 pada pretest menjadi 67,32 pada posttest. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menunjukkan hubungan yang signifikan dan linier antara variabel. Uji homogenitas menunjukkan bahwa data memiliki varians yang homogen, dan uji autokorelasi menunjukkan tidak adanya autokorelasi dalam model regresi. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai R sebesar 0,924 dan R Square sebesar 0,854, yang berarti 85,4% variasi hasil belajar siswa dapat dijelaskan oleh penggunaan media lidi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media lidi berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa pada materi operasi hitung. Penggunaan media pembelajaran konkret seperti lidi terbukti efektif dalam membantu siswa memahami konsep matematika secara lebih baik.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Media lidi, hasil belajar, operasi hitung, matematika, regresi linear sederhana.</p>2025-10-23T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Agun Satrio Agun123, Konstansia Hermiatihttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/289SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW : MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN QUIZIZZ YANG INOVATIF2024-05-13T14:15:40+07:00Laila Fitria Handayanilailafitriah701@gmail.comNurul Arfinantinurul.arfinanti@uin-suka.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran yang digunakan dalam menunjang hasil akhir pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi literatur untuk mengumpulkan data dengan mengkaji artikel-artikel yang relevan dengan judul artikel peneliti. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review (SLR) atau Tinjauan Pustaka Sistematis untuk mengkaji dan menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa. Sampel analisis mencakup 15 jurnal ilmiah terpublikasi dari rentang waktu 2020-2024. Penelitian ini bertujuan memberikan gambaran yang komprehensif mengenai pengaruh media pembelajaran quizizz terhadap hasil belajar siswa, dengan mengeksklusikan artikel-artikel yang tidak relevan dengan kata kunci "Media Pembelajaran Quizizz" dan "Hasil Belajar". Analisis artikel ilmiah yang dikumpulkan menunjukkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran Quizizz dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, mengurangi kebosanan, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, yang semuanya berdampak positif pada peningkatan hasil belajar siswa.</p>2025-10-27T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Laila Fitria Handayani, Nurul Arfinantihttps://aritmatika.uinkhas.ac.id/index.php/arm/article/view/326Realistic Mathematics Education Approach Based on Ethnomathematics of the Sunan Bonang Gate in Elementary School2025-10-13T21:33:02+07:00Windha Ana Seviawindha.20069@mhs.unesa.ac.id<p>Mathematics needs to be taught using the right approach because many students think it is a difficult subject. This difficulty often happens because the lessons are too abstract and not connected to students’ real-life experiences. This study aims to apply mathematics learning using the <em data-start="479" data-end="512">Realistic Mathematics Education</em> (RME) approach based on ethnomathematics, supported by a <em data-start="570" data-end="604">Hypothetical Learning Trajectory</em> (HLT), in the topic of recognizing two-dimensional shapes for second-grade students at SDN Karangrejo I. The local cultural context used is the ornament of the Sunan Bonang Gate in Tuban, which includes geometric shapes and is familiar to the students' daily lives. This research used a design-based research method with three stages: preparatory design, design experiment, and retrospective analysis. Data were collected through observation, interviews, documentation, and student worksheets. The results showed that the learning process followed the steps in the HLT and helped improve students’ understanding of two-dimensional shapes. Students became more active, could name the shapes correctly, and give examples from their surroundings.</p>2025-10-28T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Winda Ana Sevia